loading...
KISI-KISI SOAL USBN 2019 BAHASA INDONESIA SMA/MA KURIKULUM 2006Di Posting Oleh : Berita Dunia (Ibrahimdera)
Kategori : beasiswa Berita Guru Berita Kampus Berita Mahasiswa bisnis download USBN SMA
KISI-KISI SOAL
UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (USBN) TAHUN 2019
Jenjang Pendidikan : SMA Alokasi Waktu : 120 menit
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Jumlah Soal : 45
Program : IPA/IPS Bentuk Soal : 40 PG dan 5 Uraian
Kurikulum : 2006
No | Kemampuan yang Diuji | Lingkup Materi | Indikator Soal | Bentuk Soal |
1 | Memaknai istilah/kata | Membaca Nonsastra | Disajikan paragraf, peserta didik mampu memaknai kata/istilah dalam paragraf dengan tepat. | Pilihan Ganda |
2 | Mengidentifikasi informasi tersurat | Membaca Nonsastra | Disajikan kutipan berita, peserta didik dapat menentukan kalimat pertanyaan sesuai isi berita tersebut | Pilihan Ganda |
3 | Mengungkapkan pokok-pokok isi paragraf | Membaca Nonsastra | Disajikan paragraf, peserta didik dapat menentukan pokok-pokok paragraf dengan tepat. | Pilihan Ganda |
4 | Menemukan ide pokok | Membaca Nonsastra | Disajikan paragraf, peserta didik dapat menentukan ide pokok dengan tepat | Pilihan Ganda |
5 | Menemukan inti kalimat | Membaca Nonsastra | Disajikan kalimat kompleks, peserta didik mampu menemukan inti kalimat tersebut dengan tepat. | Pilihan Ganda |
6 | Menyimpulkan isi tersirat dalam teks | Membaca Nonsastra | Disajikan teks negosiasi, peserta didik dapat menyimpulkan isi teks/hal yang disepakati dengan tepat (soal dari pusat) | Pilihan Ganda |
7 | Membandingkan penggunan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis paragraf | Membaca Nonsastra | Disajikan dua paragraf, peserta didik mampu menentukan perbedaan penggunaan bahasa kedua paragraf dengan tepat | Pilihan Ganda |
8 | Membandingkan penggunan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis paragraf | Membaca Nonsastra | Disajikan dua paragraf, peserta didik mampu menentukan perbedaan penggunaan bahasa kedua paragraf dengan tepat | Pilihan Ganda |
9 | Menyimpulkan perbedaan atau persamaan isi | Membaca Nonsastra | Disajikan dua buah kutipan teks berita, peserta didik mampu menyimpulkan persamaan/ perbedaan isi kedua teks dengan tepat. | Pilihan Ganda |
10 | merangkum isi informasi dari beberapa paragraf | Membaca Nonsastra | Disajikan beberapa paragraf, peserta didik mampu menentukan rangkuman isi informasi dengan tepat. | Pilihan Ganda |
11 | mengomentari isi paragraf | Membaca Nonsastra | Disajikan paragraf, peserta didik dapat menentukan tanggapan yang sesuai dengan isi paragraf dengan tepat | Pilihan Ganda |
12 | mengidentifikasi kata yang bermakna simbolik/majas/kias dalam karya sastra | Membaca Sastra | Disajikan kutipan puisi/prosa , peserta didik mampu mengartikan kata simbolik dalam kutipan cerpen tersebut dengan tepat. | Pilihan Ganda |
13 | mengidentifikasi tema dan ciri-ciri puisi kontemporer | Membaca Sastra | Disajikan puisi kontemporer, peserta didik mampu menentukan ciri-ciri dan tema puisi tersebut dengan tepat | Pilihan Ganda |
14 | menentukan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat, cerpen, atau novel | Membaca Sastra | Disajikan kutipan novel, peserta didik mampu menentukan cara pendeskripsian watak tokoh dalam kutipan tersebut dengan tepat. | Pilihan Ganda |
15 | menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/ novel/hikayat (konflik, penyebab konflik, dan nilai-nilai) | Membaca Sastra | Disajikan kutipan cerita, peserta didik dapat menentukan konflik dengan tepat | Pilihan Ganda |
16 | menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/ novel/hikayat (konflik, penyebab konflik, dan nilai-nilai) | Membaca Sastra | Disajikan kutipan hikayat, peserta didik dapat menentukan nilai moral hikayat sesuai kutipan dengan tepat | Pilihan Ganda |
17 | menilai keunggulan/kelemahan karya sastra | Membaca Sastra | Disajikan kutipan karya sastra, peserta didik dapat menentukan kalimat yang menyatakan kelemahan karya dengan tepat (soal dibuat pusat) | Pilihan Ganda |
18 | membandingkan unsur intrinsik dan ekstrinsik novel dengan hikayat | Membaca Sastra | Disajikan kutipan novel dan hikayat, peserta didik dapat membandingkan unsur intrinsik dengan tepat | Pilihan Ganda |
19 | Membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur) | Membaca Sastra | Disajikan dua buah teks kutipan pantun, peserta didik mampu membandingkan kedua kutipan teks tersebut berdasarkan unsur intrinsik teks/maksud pantun dengan tepat (soal dibuat pusat) | Pilihan Ganda |
20 | mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini | Membaca Sastra | Disajikan kutipan novel, peserta didik dapat mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini | Pilihan Ganda |
21 | menentukan istilah/ kata yang tepat dalam resensi, kritik, atau esai | Menulis Terbatas | Disajikan paragraf yang dirumpangkan, peserta didik mampu melengkapi bagian rumpang dengan istilah yang tepat. | Pilihan Ganda |
22 | Melengkapi proposal/notulen | Menulis Terbatas | Disajikan kutipan teks proposal yang dirumpangkan, peserta didik mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kalimat yang tepat. | Pilihan Ganda |
23 | melengkapi paragraf eksposisi/narasi/deskripsi | Menulis Terbatas | Disajikan paragraf narasi yang dirumpangkan, , peserta didik dapat menentukan kalimat yang tepat untuk melengkapi teks (soal dari pusat) | Pilihan Ganda |
24 | melengkapi paragraf eksposisi/narasi/deskripsi | Menulis Terbatas | Disajikan paragraf narasi yang dirumpangkan, , peserta didik dapat menentukan kalimat yang tepat untuk melengkapi teks (soal dari pusat) | Pilihan Ganda |
25 | menyusun paragraf padu | Menulis Terbatas | Disajikan lima atau enam kalimat acak, peserta didik dapat mengurutkan kalimat menjadi paragraf padu dengan tepat (soal dari pusat) | Pilihan Ganda |
26 | memvariasikan kata | Menulis Terbatas | Disajikan teks prosedur yang didalamnya terdapat konjungsi, peserta didik dapat menentukan konjungsi yang sesuai untuk menggantikan konjungsi dalam teks tersebut. | Pilihan Ganda |
27 | menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima | Menulis Terbatas | Disajikan puisi yang rumpang, peserta didik mampu melengkapi dengan baris yang tepat dengan memperhatikan bait, irama, dan rima | Pilihan Ganda |
28 | mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata | Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf | Disajikan paragraf, peserta didik dapat menentukan kata tidak padu dalam paragraf dengan tepat | Pilihan Ganda |
29 | mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat | Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf | Disajikan paragraf, peserta didik dapat menentukan kalimat tidak padu dalam paragraf dengan tepat | Pilihan Ganda |
30 | Menggunakan istilah dalam kalimat | Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf | Disajikan paragraf yang dirumpangkan, peserta didik mampu melengkapi bagian rumpang dengan istilah yang tepat. | Pilihan Ganda |
31 | Menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata) | Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf | Disajikan paragraf yang dirumpangkan tiga atau empat kata berimbuhan, peserta didik mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kata berimbuhan yang tepat. | Pilihan Ganda |
32 | Menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata) | Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf | Disajikan paragraf yang dirumpangkan tiga atau empat kata berimbuhan, peserta didik mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kata berimbuhan yang tepat. | Pilihan Ganda |
33 | Memperbaiki kesalahan penggunaan kata | Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf | Disajikan paragraf yang mengandung kata-kata tidak baku, peserta didik dapat memperbaiki kata tidak baku dengan tepat (soal dibuat pusat) | Pilihan Ganda |
34 | Memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat | Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf | Disajikan paragraf yang mengandung kalimat tidak efektif, peserta didik dapat menentukan perbaikan kalimat yang tidak efektif dengan tepat. (soal dibuat pusat) | Pilihan Ganda |
35 | Mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan (judul, sapaan, gelar, nama kota, kata depan) | Menyunting Ejaan dan Tanda Baca | Disajikan lima penulisan judul penelitian, peserta didik dapat menentukan pemulisan judul yang sesuai ejaan dengan tepat | Pilihan Ganda |
36 | Mengidentifikasi kesalahan penggunaan tanda baca | Menyunting Ejaan dan Tanda Baca | Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan tanda titik dua, peserta didik mampu menentukan kesalahan penggunaan titik dua dengan tepat | Pilihan Ganda |
37 | Menggunakan ejaan | Menyunting Ejaan dan Tanda Baca | Disajikan paragraf yang terdapat penggunaan huruf kapital, peserta didik mampu menggunakan huruf kapital dengan tepat | Pilihan Ganda |
38 | Menggunakan tanda baca | Menyunting Ejaan dan Tanda Baca | Disajikan paragraf yang terdapat penggunaan tanda koma, peserta didik mampu menggunakan tanda koma dengan tepat | Pilihan Ganda |
39 | Memperbaiki kesalahan pengunaan ejaan | Menyunting Ejaan dan Tanda Baca | Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan ejaan, peserta didik mampu menentukan perbaikan penggunaan ejaan dengan tepat | Pilihan Ganda |
40 | Memperbaiki kesalahan pengunaan tanda baca | Menyunting Ejaan dan Tanda Baca | Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan tanda baca, peserta didik mampu menentukan perbaikan tanda baca dengan tepat | Pilihan Ganda |
41 | Membandingkan paragraf deduktif dan induktif | Membaca Nonsastra | Disajikan satu paragraf deduktif dan satu paragraf induktif, peserta didik mampu menentukan kalimat utama dan jenis kedua paragraf dengan tepat | Uraian |
42 | menentukan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsikhikayat, cerpen, atau novel | Membaca Sastra | Disajikan kutipan cerpen, peserta didik mampu menentukan watak tokoh, cara pendeskripsian, latar tempat, dan nilai dalam kutipan tersebut dengan tepat | Uraian |
43 | melengkapi proposal | Menulis terbatas | Disajikan bagian proposal berupa tema proposal, peserta didik mampu menyusun latar belakang proposal dengan tepat | Uraian |
44 | mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata | Menyunting kata, kalimat, dan paragraf | Disajikan teks yang di dalamnya terdapat penulisan kata yang tidak tepat, peserta didik mampu mengidentifikasi kata tidak baku dalam teks tersebut dengan tepat | Uraian |
45 | Menentukan alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca | Menyunting Ejaan dan Tanda Baca | Disajikan paragraf yang mengandung kesalahan ejaan dan tanda baca, peserta didik dapat menentukan alasan kesalahan dengan penjelasan dan memperbaiki kalimat dengan tepat. | Uraian |
UNDUH FILE KISI-KISI SOAL USBN 2019 BAHASA INDONESIA SMA/MA KURIKULUM 2006 KLIK https://drive.google.com/open?id=161JGMlkDrH5lBdzGKhVCLHcq1sUC79IX
BACA SOAL USBN 2019 BAHASA INDONESIA SMA/MA KURIKULUM 2006 KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/01/soal-usbn-tahun-2019-bahasa-indonesia_28.html
loading...
0 Response to "KISI-KISI SOAL USBN 2019 BAHASA INDONESIA SMA/MA KURIKULUM 2006"
Posting Komentar