loading...

KISI-KISI SOAL USBN 2019 BAHASA INDONESIA SMA/MA KURIKULUM 2006

loading...
KISI-KISI SOAL USBN 2019 BAHASA INDONESIA SMA/MA KURIKULUM 2006
Di Posting Oleh : Berita Dunia (Ibrahimdera)
Kategori : beasiswa Berita Guru Berita Kampus Berita Mahasiswa bisnis download USBN SMA





KISI-KISI SOAL

UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (USBN) TAHUN 2019

Jenjang Pendidikan        :        SMA                            Alokasi Waktu  : 120 menit

Mata Pelajaran               :        Bahasa Indonesia        Jumlah Soal        : 45

Program                          :        IPA/IPS                      Bentuk Soal       : 40 PG dan 5 Uraian

Kurikulum                      :        2006


No
Kemampuan yang Diuji
Lingkup Materi
Indikator Soal
Bentuk Soal
1 
Memaknai istilah/kata
Membaca  Nonsastra
Disajikan paragraf, peserta didik mampu memaknai kata/istilah dalam paragraf dengan tepat.
Pilihan Ganda
2 
Mengidentifikasi informasi tersurat
Membaca  Nonsastra
Disajikan kutipan berita, peserta didik dapat menentukan kalimat pertanyaan sesuai isi berita tersebut
Pilihan Ganda
3 
Mengungkapkan pokok-pokok isi paragraf
Membaca  Nonsastra
Disajikan paragraf, peserta didik dapat menentukan pokok-pokok paragraf dengan tepat.
Pilihan Ganda
4 
Menemukan ide pokok
Membaca  Nonsastra
Disajikan paragraf, peserta didik dapat menentukan ide pokok dengan tepat
Pilihan Ganda
5
Menemukan inti kalimat

Membaca  Nonsastra
Disajikan kalimat kompleks, peserta didik mampu menemukan inti kalimat tersebut dengan tepat.
Pilihan Ganda
6 
Menyimpulkan isi tersirat dalam teks
Membaca  Nonsastra
Disajikan teks negosiasi, peserta didik dapat menyimpulkan isi teks/hal yang disepakati dengan tepat (soal dari pusat)
Pilihan Ganda
7 
Membandingkan penggunan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis paragraf
Membaca  Nonsastra
Disajikan dua paragraf, peserta didik mampu menentukan perbedaan penggunaan bahasa kedua paragraf dengan tepat
Pilihan Ganda
8 
Membandingkan penggunan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis paragraf
Membaca  Nonsastra
Disajikan dua paragraf, peserta didik mampu menentukan perbedaan penggunaan bahasa kedua paragraf dengan tepat
Pilihan Ganda
9 
Menyimpulkan perbedaan atau persamaan isi
Membaca  Nonsastra
Disajikan dua buah kutipan teks berita, peserta didik mampu menyimpulkan persamaan/ perbedaan  isi kedua teks dengan tepat.
Pilihan Ganda
10 
merangkum isi informasi dari beberapa paragraf
Membaca  Nonsastra
Disajikan beberapa paragraf, peserta didik mampu menentukan rangkuman isi informasi dengan tepat.
Pilihan Ganda
11
mengomentari isi paragraf
Membaca  Nonsastra
Disajikan paragraf, peserta didik dapat menentukan tanggapan yang sesuai dengan isi paragraf dengan tepat
Pilihan Ganda
 12
mengidentifikasi kata yang bermakna simbolik/majas/kias dalam karya sastra
Membaca Sastra
Disajikan kutipan puisi/prosa , peserta didik mampu mengartikan kata simbolik dalam kutipan cerpen tersebut dengan tepat.
Pilihan Ganda
13
mengidentifikasi tema dan ciri-ciri puisi kontemporer
Membaca Sastra
Disajikan puisi kontemporer, peserta didik mampu menentukan ciri-ciri dan tema puisi tersebut dengan tepat
Pilihan Ganda
14 
menentukan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat, cerpen, atau novel
Membaca Sastra
Disajikan kutipan novel, peserta didik mampu menentukan cara pendeskripsian watak tokoh dalam kutipan tersebut dengan tepat.
Pilihan Ganda
15 
menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/ novel/hikayat (konflik, penyebab konflik, dan nilai-nilai)
Membaca Sastra
Disajikan kutipan cerita, peserta didik dapat menentukan konflik dengan tepat
Pilihan Ganda
16 
menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/ novel/hikayat (konflik, penyebab konflik, dan nilai-nilai)
Membaca Sastra
Disajikan kutipan hikayat, peserta didik dapat menentukan nilai moral hikayat sesuai kutipan dengan tepat
Pilihan Ganda
17
menilai keunggulan/kelemahan karya sastra
Membaca Sastra
Disajikan kutipan karya sastra, peserta didik dapat menentukan kalimat yang menyatakan kelemahan karya dengan tepat (soal dibuat pusat)
Pilihan Ganda
18
membandingkan unsur intrinsik dan ekstrinsik novel dengan hikayat
Membaca Sastra
Disajikan kutipan novel dan hikayat, peserta didik dapat membandingkan unsur intrinsik dengan tepat
Pilihan Ganda
19 
Membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur)
Membaca Sastra
Disajikan dua buah teks kutipan pantun, peserta didik mampu membandingkan kedua kutipan teks tersebut berdasarkan unsur intrinsik teks/maksud pantun dengan tepat
(soal dibuat pusat)
Pilihan Ganda
20
mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini
Membaca Sastra
Disajikan kutipan novel, peserta didik dapat mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini
Pilihan Ganda
21
menentukan istilah/ kata yang tepat dalam resensi, kritik, atau esai
Menulis Terbatas
Disajikan paragraf yang dirumpangkan, peserta didik mampu melengkapi bagian rumpang dengan istilah yang tepat.
Pilihan Ganda
22
Melengkapi proposal/notulen
Menulis Terbatas
Disajikan kutipan teks proposal yang dirumpangkan, peserta didik mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
Pilihan Ganda
23
melengkapi paragraf eksposisi/narasi/deskripsi
Menulis Terbatas
Disajikan paragraf narasi yang dirumpangkan, , peserta didik dapat menentukan kalimat yang tepat untuk melengkapi teks (soal dari pusat)
Pilihan Ganda
24
melengkapi paragraf eksposisi/narasi/deskripsi
Menulis Terbatas
Disajikan paragraf narasi yang dirumpangkan, , peserta didik dapat menentukan kalimat yang tepat untuk melengkapi teks (soal dari pusat)
Pilihan Ganda
25
menyusun paragraf padu
Menulis Terbatas
Disajikan lima atau enam kalimat acak, peserta didik dapat mengurutkan kalimat menjadi paragraf padu dengan tepat (soal dari pusat)
Pilihan Ganda
26
memvariasikan kata
Menulis Terbatas
Disajikan teks prosedur yang didalamnya terdapat konjungsi, peserta didik dapat menentukan konjungsi yang sesuai untuk menggantikan konjungsi dalam teks tersebut.
Pilihan Ganda
27 
menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
Menulis Terbatas
Disajikan puisi yang rumpang, peserta didik mampu melengkapi dengan baris yang tepat dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
Pilihan Ganda
28
mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata
Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf
Disajikan paragraf, peserta didik dapat menentukan kata tidak padu dalam paragraf dengan tepat
Pilihan Ganda
29
mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat
Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf
Disajikan paragraf, peserta didik dapat menentukan kalimat tidak padu dalam paragraf dengan tepat
Pilihan Ganda
 30
Menggunakan istilah dalam kalimat
Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf
Disajikan paragraf yang dirumpangkan, peserta didik mampu melengkapi bagian rumpang dengan istilah yang tepat.
Pilihan Ganda
31
Menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)
Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf
Disajikan paragraf yang dirumpangkan tiga atau empat kata berimbuhan, peserta didik mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kata berimbuhan yang tepat.
Pilihan Ganda
32
Menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)
Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf
Disajikan paragraf yang dirumpangkan tiga atau empat kata berimbuhan, peserta didik mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kata berimbuhan yang tepat.
Pilihan Ganda
33 
Memperbaiki kesalahan penggunaan kata
Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf
Disajikan paragraf yang mengandung kata-kata tidak baku, peserta didik dapat memperbaiki kata tidak baku dengan tepat (soal dibuat pusat)
Pilihan Ganda
34
Memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat
Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf
Disajikan paragraf yang mengandung kalimat tidak efektif, peserta didik dapat menentukan perbaikan kalimat yang tidak efektif dengan tepat. (soal dibuat pusat)
Pilihan Ganda
35
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan (judul, sapaan, gelar, nama kota, kata depan)
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Disajikan lima penulisan judul penelitian, peserta didik dapat menentukan pemulisan judul yang sesuai ejaan dengan tepat
Pilihan Ganda
 36
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan tanda baca
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan tanda titik dua, peserta didik mampu menentukan kesalahan penggunaan titik dua dengan tepat
Pilihan Ganda
37
Menggunakan ejaan
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Disajikan paragraf yang terdapat penggunaan huruf kapital, peserta didik mampu menggunakan huruf kapital dengan tepat
Pilihan Ganda
38
Menggunakan tanda baca
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Disajikan paragraf yang terdapat penggunaan tanda koma, peserta didik mampu menggunakan tanda koma dengan tepat
Pilihan Ganda
39
Memperbaiki kesalahan pengunaan ejaan
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan ejaan,  peserta didik mampu menentukan perbaikan penggunaan ejaan dengan tepat
Pilihan Ganda
40 
Memperbaiki kesalahan pengunaan tanda baca
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan tanda baca,  peserta didik mampu menentukan perbaikan tanda baca dengan tepat
Pilihan Ganda
41
Membandingkan paragraf deduktif dan induktif
Membaca Nonsastra
Disajikan satu paragraf deduktif dan satu paragraf induktif, peserta didik mampu menentukan kalimat utama dan jenis kedua paragraf dengan tepat
Uraian
42
menentukan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsikhikayat, cerpen, atau novel
Membaca Sastra
Disajikan kutipan cerpen, peserta didik mampu menentukan watak tokoh, cara pendeskripsian, latar tempat, dan nilai dalam kutipan tersebut dengan tepat
Uraian
43
melengkapi proposal
Menulis terbatas
Disajikan bagian proposal berupa tema proposal, peserta didik mampu menyusun latar belakang proposal dengan tepat
Uraian
44 
mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata
Menyunting kata, kalimat, dan paragraf
Disajikan teks yang di dalamnya terdapat penulisan kata yang tidak tepat, peserta didik mampu mengidentifikasi kata tidak baku dalam teks tersebut dengan tepat
Uraian
45
Menentukan alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Disajikan paragraf yang mengandung kesalahan ejaan dan tanda baca, peserta didik dapat menentukan alasan kesalahan dengan penjelasan dan memperbaiki kalimat dengan tepat.
Uraian





  






                                                                                                                                                                    UNDUH FILE KISI-KISI SOAL USBN 2019 BAHASA INDONESIA SMA/MA KURIKULUM 2006 KLIK https://drive.google.com/open?id=161JGMlkDrH5lBdzGKhVCLHcq1sUC79IX                           
BACA SOAL USBN 2019 BAHASA INDONESIA SMA/MA KURIKULUM 2006 KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/01/soal-usbn-tahun-2019-bahasa-indonesia_28.html
loading...

0 Response to "KISI-KISI SOAL USBN 2019 BAHASA INDONESIA SMA/MA KURIKULUM 2006"

Posting Komentar