loading...
CONTOH SOAL USBN BAHASA INDONESIA SMA KURIKULUM 2006 DISERTAI KUNCI JAWABANDi Posting Oleh : Berita Dunia (Ibrahimdera)
Kategori : beasiswa Berita Guru Berita Kampus Berita Mahasiswa bisnis download USBN SMA
SOAL UJIAN SEKOLAH BERSATANDAR NASIONAL (USBN) TAHUN 2018
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
KURIKULUM 2006
BACA JUGA:
1. INDIKATOR SOAL/KISI-KISI SOAL USBN KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/01/contoh-indikator-soal-usbn-bahasa.html
2. SOAL USBN BAHASA INDONESIA SMA/MA KURIKULUM 2013 KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/01/soal-usbn-bahasa-indonesia-smama.html
I. PILIHAN GANDA
1. (1) Banyak situs bersejarah di wilayah Kalimantan Timur tidak terawat. (2) Bahkan, terdapat sejumlah situs purbakala telah hancur akibat penggalian tambang batu bara, emas, minyak, dan ulah sebagian masyarakat yang tidak bertanggung jawab. (3) Padahal, benda purbakala tersebut memiliki nilai historis yang sangat tinggi. (4) Situs-situs ini Disajikan kutipan berita, siswa dapat menentukan kalimat pertanyaan sesuai isi berita tersebut memiliki berbagai bentuk, nilai, dan jenis. (5) Hal itu menandai adanya masyarakat zaman batu.
Makna purbakala dalam paragraf tersebut adalah ….
A. Berhubungan dengan zaman purba
B. Barang-barang antik
C. Peninggalan orang dahulu kala
D. Sesuatu yang kuno
E. Jenis dan bentuk kuno
A. Berhubungan dengan zaman purba
B. Barang-barang antik
C. Peninggalan orang dahulu kala
D. Sesuatu yang kuno
E. Jenis dan bentuk kuno
2. Bayi harus memperoleh gizi dan nutrisi yang baik sejak dalam kandungan. Kebutuhan gizi dan nutrisi bayi semakin disempurnakan hingga usia lima tahun. Pertumbuhan organ tubuh, terutama otak sangat didukung oleh penyerapan gizi dan nutrisi. Bayi yang tidak memperoleh
gizi dan nutrisi yang baik pada usia itu akan menghambat pertumbuhannya. Anak yang gemuk bukan merupakan penanda tercukupinya kebutuhan gizi dan nutrisi. Sebaliknya, anak yang kurus tidak berarti kekurangan gizi dan nutrisi. Yang harus diperhatikan adalah memastikan kebutuhan
gizi dan nutrisi sesuai dengan tinggi tubuh dan berat badan anak.
gizi dan nutrisi yang baik pada usia itu akan menghambat pertumbuhannya. Anak yang gemuk bukan merupakan penanda tercukupinya kebutuhan gizi dan nutrisi. Sebaliknya, anak yang kurus tidak berarti kekurangan gizi dan nutrisi. Yang harus diperhatikan adalah memastikan kebutuhan
gizi dan nutrisi sesuai dengan tinggi tubuh dan berat badan anak.
Mengapa gizi dan nutrisi yang baik mulai dipenuhi sejak bayi dalam kandungan?
A. Mendukung pertumbuhan organ tubuh dan otak bayi.
B. Pemberian gizi yang baik adalah pada usia 1 – 5 tahun.
C. Agar bayi tubuhnya menjadi gemuk dan sangat sehat.
D. Menghindari bayi jangan sampai lemah dan tidak kurus.
E. Membiasakan bayi memakan makanan yang mengandung gizi.
B. Pemberian gizi yang baik adalah pada usia 1 – 5 tahun.
C. Agar bayi tubuhnya menjadi gemuk dan sangat sehat.
D. Menghindari bayi jangan sampai lemah dan tidak kurus.
E. Membiasakan bayi memakan makanan yang mengandung gizi.
3. Bacalah paragraf berikut !
(1) Sirene sebagai bagian dari sistem peringatan dini tsunami dijalankan dengan menggunakan teknologi komunikasi satelit dan GSM. (2) Begitu ada gempa,sensor yang dipasang pada sirene akan memberikan data secara cepat ke Stasiun BMKG.(3) Berdasarkan data ini, dilakukan analisa untuk mengetahui terjadinya tsunami atau tidak dalam waktu 10 menit. (4) Apabila ada potensi akan terjadi tsunami, sirene langsung dibunyikan dalam bentuk nada tertentu. (5) Dari nada itu, orang akan berjaga-jaga.
Kalimat yang berisi fakta adalah nomor....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
4. Bacalah paragraf berikut !
Pada era modern ini televise telah menjadi salah satu media penyiaran paling diminati masyarakat. Televisi berkembang sedemikian pesat sehingga program siarannya pun telah beragam. Televisi menyiarkan tayangan berhubungan dengan aspek kehidupan manusia, seperti politik,criminal,ekonomi,budaya,sosial,bahkan hiburan. Tayangan-tayangan ini menjadikan televisi sebagai media penyiaran paling lekat dengan manusia. Televisi seakan menjadi kebutuhan utama . Televisi telah menjadikan mayoritas masyarakat menjadi konsumtif akan segala tayangan yang disuguhkannya. Sikap konsumtif masyarakat menyebabkan semua stasiun televisi berlomba-lomba menyajikan tayangan terbaik.
Isi pokok paragrapf tersebut adalah ….
A. Televisi menayangkan tayangan politik,criminal, ekonomi, budaya, sosial bahkan hiburan
B. Televisi menjadi salah satu media penyiaran paling diminati masyarakat pada era modern
C. Tayangan televisi menjadi patokan masyarakat bersikap konsumtif
D. Sikap konsumtif masyarakat menyebabkan semua stasiun televisi berlomba-lomba menyajikan tayangan terbaik
E. Program siaran televisi lebih beragam daripada program siaran radio
5. Bacalah paragraph berikut !
Untuk menjadi wirausaha sukses Anda perlu menemukan peluang yang tepat. Peluang usaha dapat diperoleh di mana-mana. Anda hanya tinggal memilih dan menentukan. Tentukan jenis usaha yang Anda sukai dan sesuai dengan bidang anda. Dengan demikian,Anda dapat memiliki dasar dalam bidang tersebut.
1) Anda harus mempelajari dahulu dan mencari informasi tambahan mengenai peluang usaha yang telah Anda pilih.2) Anda harus mempelajari seluk –beluk usaha tersebut.3) Selain itu, Anda harus lebih banyak kepada orang yang telah membuka usaha seperti yang Anda pilih. 4) Anda harus tahu masalah-masalah apa saja yang menjadi hambatan usaha yang Anda pilih. 5) Anda juga harus tahu cara untuk menyelesaikan hambatan tersebut.
Ide pokok paragraF pertama dalam kutipan bacaan di atas adalah ….
A. Seorang wirausaha sukses harus selalu memahami peluang usaha yang ada di sekitarnya.
B. Pemilihan usaha harus sesuai dengan kesukaan dan bakat orang yang akan memulai usaha.
C. Peluang usaha ada di mana-mana dan dapat diperoleh setiap saat oleh orang yang mau berusaha.
D. Peluang usaha dipilih sesuai dengan bakat sehingga wirausaha mampu mengembangkan usahanya.
E. Menemukan peluang usaha yang tepat merupakan langkah penting menjadi wirausaha sukses.
6. Pada salah satu adegan, semua siswa tercengang ketika menonton adegan peristiwa di atas Hotel Yamato.
Inti kalimat tersebut adalah ....
A. siswa tercengang
B. menonton adegan
C. adegan peristiwa
D. siswa menonton
E. salah satu adegan
7. Cermati kutipan teks berikut!
Satpol PP : “Maaf Pak, kami ditugaskan oleh pemerintah akan menggusur wilayah ini.” Warga : “Loh kok, pemerintah tidak memberitahukan informasinya terlebih dahulu bahwa wilayah ini akan digusur.” Satpol PP : “Memang begitu Pak, katanya tidak perlu diberitahukan kepada warga terlebih dahulu. Jadi, sekali lagi maaf ya Pak.” Warga : “Kalau begitu tidak bisa Pak, kami bakalan mencegah semua aktivitas penggusuran, sampai kami mendapatkan tempat tinggal baru yang bisa kami tempati.” Satpol PP : “Oo, ya sudah, kami akan datang kembali jika semua warga sudah mendapatkan tempat tinggal.” Warga : “Oke, terima kasih Pak.” |
Hal yang disepakati dalam kutipan teks dialog tersebut adalah ....
A. penggusuran wilayah
B. pemberian tempat tinggal baru
C. pergantian wilayah/lahan
D. penundaan penggusuran wilayah
E. warga menolak penggusuran
8. Cermati kutipan novel berikut!
Di sini Djepris tidak bisa berbicara sepatah kata pun. Dan Controlaur diam sebentar lalu berkata lagi. “Tuan berkata, ‘Orang Jawa kotor’, tetapi Tuan toh mengerti juga bila ada orang Belanda yang lebih kotor dari pada orang Jawa?” “Orang Jawa Bodoh, kata Tuan. Sudah tentu saja, karena memang pemerintah sengaja membikin bodoh kepadanya. Mengapa Regeering tidak membuat sekolahan yang secukupnya untuk orang Jawa atau orang Hindia. Sedang semua orang tahu, jika tanah Hindia itu yang membikin kaya tanah kita, Nederland.” |
Rangkuman yang tepat berdasarkan kutipan tersebut adalah …
A. Penjajah Belanda telah berperilaku baik kepada orang Jawa, karena mau mendirikan sekolah untuk orang Jawa.
B. Penjajah Belanda sama saja dengan penjajah Jepang yaitu membuat orang Jawa menjadi bodoh.
C. Belanda dan Jepang sengaja membuat orang Jawa bodoh.
D. Orang Belanda mengatakan bahwa orang Jawa bodoh dan kotor. Hal itu karena pemerintah Belanda tidak mau mendirikan sekolah untuk orang Jawa.
E. Orang Belanda mengatakan bahwa orang Jawa badannya kotor dan bodoh. Padahal tanah Hindialah yang membuat Belanda kaya.
9. Bacalah paragraf berikut !
Minyak bumi adalah sumber energi yang tidak dapat diperbarui. Cadangan minyak bumi Indonesia saat ini hanya 8,4 milyar barel. Dengan laju pengurangan produksi 400 juta barel per tahun, apabila tidak ditemukan cadangan baru, diperkirakan minyak bumi Indonesia hanya tersisa untuk jangka waktu 21 tahun.
Tanggapan logis yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah…
Minyak bumi adalah sumber energi yang tidak dapat diperbarui. Cadangan minyak bumi Indonesia saat ini hanya 8,4 milyar barel. Dengan laju pengurangan produksi 400 juta barel per tahun, apabila tidak ditemukan cadangan baru, diperkirakan minyak bumi Indonesia hanya tersisa untuk jangka waktu 21 tahun.
Tanggapan logis yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah…
A. Bahan bakar minyak masih tersedia cukup untuk 35 tahun.
B. Ketersediaan minyak bumi harus dihemat penggunaannya.
C. Produksi minyak bumi mencapai 500 juta barel per tahun.
D. Persediaan minyak bumi Indonesia masih tersedia banyak.
E. Cadangan minyak mentah selalu tersedia.
10. Bacalah teks beikut
Teks 1
Tenaga kerja yang diperlukan dalam persaingan bebas adalah tenaga kerja yang mempunyai etos kerja tinggi, yaitu tenaga yang pandai, terampil, dan berkepribadian. Tenaga kerja yang pandai adalah tenaga kerja yang mempunyai kemampuan akademis memadai sesuai dengan disiplin ilmu tertentu. Terampil artinya mampu menerapkan kemampuan akademis yang dimiliki disertai kemampuan pendukung yang sesuai untuk diterapkan agar diperoleh hasil maksimal. Sementara itu, tenaga kerja yang berkepribadian adalah tenaga kerja yang mempunyai sikap loyal, disiplin, dan jujur.
Teks 2
Salju yang turun dari langit memberikan hiasan yang indah untuk bumi. Beberapa kota disulap dengan nuansa putih, menghasilkan pemandangan cantik dan memikat bagi penikmat keindahan. Hawa dingginnya semakin hari menggigit kawasan-kawasan yang beriklim subtropis dan sedang ini. Inilah musim dingin yang terjadi di negeri matahari terbit.
Perbedaan teks 1 dan 2 tersebut adalah
Teks 1 | Teks 2 | |
A | Kalimat utama di awal paragraf | Kalimat utama di akhir paragraf |
B | Kalimat utama di akhir paragraf | Kalimat utama di awal paragraf |
C | Kalimat utama di awal paragraf | Kalimat utama di tengah paragraf |
D | Kalimat utama di tengah paragraf | Kalimat utama di awal paragraf |
E | Kalimat utama akhir paragraf | Kalimat utama di tengah paragraf |
11. Kedua kutipan paragraf berikut untuk soal nomor 11 dan 12.
Teks 1
Ketenaran objek wisata Kepulauan Raja. Ampat telah diakui baik di dalam negeri maupun luar negeri. Ketenaran Raja Ampat sebagai salah satu tujuan wisata paling menarik telah didokumentasikan dalam sebuah film berjudul Edis Paradise 3. Film ini mengangkat keindahan bawah laut Raja Ampat yang disebut Amazon Lautan Dunia. Julukan ini disandang karena posisi Raja Ampat tersebut berada di pusat segitiga karang dunia.
Teks ll
Kepulauan Raja Ampat terletak di sebelah barat kepala burung Papua Barat. Sebanyak 85% wilayah kabupaten ini merupakan pulau-pulau yang berjumlah lebih dari 600 pulau. Kepulauan Raja Ampat memiliki potensi wisata alam luar biasa. Tempat wisata di Papua Barat ini sangat terkenal dengan wisata
bawah lautnya yang merupakan salah satu tempat menyelam terbaik di dunia. Laut di kepulauan Raja Ampat menjadi tempat menyelam terbaik karena kelengkapan dan keragaman flora dan fauna bawah lautnya. Laut di kepulauan Raja Ampat mempunyai 75% seluruh spesies karang di dunia.
Persamaan kedua teks tersebut adalah
A. membahas film Edis Paradise 3
B. membahas keindahan pulau-pulau di sekitar Raja Ampat
C. membahas keragaman flora dan fauna Raja Ampat
D. membahas objek wisata Raja Ampat
E. membahas pusat segitiga karang dunia
12. Perbedaan penyajian kedua teks tersebut adalah .
Teks 1 | Teks 2 | |
A | Diawali unsur kapan | Diawali unsur siapa |
B | Diawali unsur apa | Diawali unsur di mana |
C | Diawali unsur bagaimana | Diawali unsur mengapa |
D | Diakhiri unsur bagaimana | Diakhiri unsur apa |
E | Diakhiri unsur di mana | Diakhiri unsur siapa |
13. Cermati puisi berikut ini!
Sepuluh November
Saat itu
Api yang membakar dadamu
Mengukuhkan semangat juangmu
Saat ini
Meskipun jasmanimu cacat
Jiwamu, pahlawan
Memihak yang benar
…..
Makna kata yang di cetak tebal dalam puisi di atas adalah . . . .
A. semangat
A. semangat
B. Kemarahan
C. Cita-cita
D. perjuangan
E. Emosi
14. Cermati puisi kontemporer di bawah ini!
Shang Hai
ping di atas pong
pong di atas ping
ping ping bilang pong
pong pong bilang ping
mau pong? bilang ping
mau mau bilang pong
mau ping? bilang pong
mau mau bilang ping
ya pong ya ping
ya ping ya pong
tak ya pong tak ya ping
ya tak ping ya tak pong
sembilu jarakMu merancap nyaring
karya dari Sutardji Calzoum Bachri.
Ciri yang menonjol puisi di atas adalah....
A. Seringkali menyatukan beberapa kata atau kalimat bahasa Indonesia dengan kata atau kalimat bahasa asing ataupun bahasa daerah hingga bahasa dialek.
B. Ada banyak terjadi pengulangan kata, frasa, atau kelompok kata sehingga membuat puisi ini tidak wajar
C. Kekerasan/kemerduan bunyi sangat diperhatikan
D. Seringkali memamaki idiom-idiom yang tidak konvensional (inkonvensional) atau yang tidak lazim
E. Banyak terjadi kemacetan bunyinya, dan nyaris tidak dapat dibaca dikarenakan kadang hanya tampak tanda tanya yang disejajarkan
15. Muharam tak rela, tak terima. Hidupnya nan tenteram selama puluhan tahun sebagai tukang las alumunium dandang bocor dan berbagai peralatan dapur sehingga ia adalah kesayangan ibu-ibu terusik gara-gara gelar nan hina itu. Anak-anaknya protes karena sering diejek teman-temannya di sekolah. Muharam sendiri jengkel lantaran nama itu selalu mengingatkannya pada peristiwa tragis panjat pinang dulu, dan ia malu seisi kampung kini tahu ia buta huruf. Julukan Muharam Buku Gambar telah membunuh karakter.Maka ketika ada program Paket A untuk membasmi buta huruf warga republik usia berapa pun, Muharam kontan mendaftar, demi harga dirinya, demi martabat anak-anaknya.
Konflik yang terdapat dalam kutipan novel tersebut adalah . . . .
- Mengikuti program Paket A untuk membasmi buta huruf
- Teringat peristiwa tragis panjat pinang di kampungnya dulu
- Rasa malu Muharam atas julukan Muharam Buku Gambar karena dia buta huruf
- Menegur orang-orang yang telah menghina harga dirinya
- Anaknya malu terhadap pekerjaan ayahnya sebagai tukang las
16. “Ayo! Keluarkan teluhmu untuk mengalahkan kami!” teriak orang-orang itu.
“Dia hanya berani menyerang lewat belakang. Dia tidak berani karena kita bersatu.” Paradji hanya diam. Dia tidak mengerti mengapa siksaan ini diterimanya. Ditutupkannya matanya, bayangan tangis Nastiti terdengar dengan wajah sendu kehilangan. Suaminya meninggal sore itu. Sebuah penyakit aneh menyerangnya. Paradji-lah pelakunya, pikir Nastiti. Pertama-tama Nastiti hanya bergumam sendiri dalam histeris kehilangan suaminya, lalu perkataannya semakin jelas. “Pa ra dji . . .,” katanya setangah berbisik. “Apa Nastiti?” tanya ibu-ibu lain yang berusaha menenangkan Nastiti. “Pa rad ji . . . Paradji . . . PARADJI!” teriak Nastiti akhirnya. “Kenapa Paradji?” “Suamiku disantet Paradji!” dan perkataannya didengar para lelaki di kampung hingga menyebabkan mereka berbondong-bondong menuju timur perbatasan dusun, mengganggu Paradji hingga tak bisa konsentrasi membantu persalinan ibu muda.
Penyebab konflik dalam kutipan cerpen tersebut adalah . . .
A. Paradji membantu persalinan seorang ibu muda
B. Keanehan penyebab meninggalnya suami Nastiti
C. Paradji dituduh meneluh suami Nastiti
D. Orang-orang kampung menyerbu rumah Paradji
E. Paradji disiksa dan diseret orang-orang kampong
17. Bacalah penggalan hikayat berikut.
Alkisah maka tersebutlah perkataan Batara Guru menitahkan Begawan Batara Narada dan Batara Indera. (2) Katanya, “Hai Tuan hamba kedua, pergilah Tuan hamba kedua turun ke dunia menghidupkan Raden Samba Perwira itu karena terlalu kasihan hamba melihat ayah bundanya terlalu sangat bercintakan anaknya itu”. (3) Setelah Begawan Batara Narada dan Batara Indera mendengar titah Batara Guru itu, Maka ia pun segera turunlah ke dunia. (4) …Hatta maka tatkala Batara Krisna melihat akan Batara Narada dan Batara Indera itu diiringkan oleh segala raja-raja datang mendapatkan mayat Raden Samba Perwira, maka ia pun memberi hormat akan Begawan Batara Narada dan Batara Indera itu. (5) Maka Barata Krisna, “Ya Tuan Hamba Begawan Batara Narada dan Adinda Tuan Batara Indera, “ apakah pekerjaan Tuan Hamba kedua ini datang kepada hamba?”
Nilai moral yang terkandung dalam kutipan tersebut adalah ….
A. Orang tua yang sangat mencintai anaknya
B. Cinta anak kepada orang tua
C. Ketaatan kepada kedua orang tua
D. Ketaatan kepada pemimpin
E. Kepatuhan harus dijunjung tinggi
18. Bacalah teks berikut.
Teks 1
Untuk pergi bersama-sama ke rimba tempat mereka mengumpulkan damar, mereka harus meninggalkan Kampung Air Jernih yang terletak di tepi Danau Bantau. Air Jernih terletak pula di tepi Sungai Air Putih yang bermuara ke danau. Di pinggir muara sungailah terletak kampung mereka. Mereka menuju hutan menyusuri tepi sungai. memudikinya, memasuki hutan, dan mendaki gunung-gunung sungai yang tak dapat dilalui dengan perahu karena penuh dengan batu besar dan karena sungai mengalir dengan derasnya turun dari gunung-gunung. Tapi ....
Teks 2
Sebelum raja hindustan itu sediakala pekerjaanya pergi berburu juga maka pada suatu hari raja hindustan itu sedang berburu, lalu bertemu dua ekor ular adapun ular yang betina itu terlalu baik rupanya; maka yang jantan sangat jahat rupanya. Maka pada hati baginda, “ bukan juga jodohnya ular itu karena yang jantan itu amat jahat rupanya dan yang betina itu elok rupanya.” maka dihunusnya pedangnya, lalu diparangkan kepada ular jantan itu. Maka ular jantan itu matilah. Maka ular betina itu pun putus ekornya sedikit.
Perbedaan antara teks 1 dan 2 tersebut adalah …
Teks 1 | Teks 2 | |
A | Bertema kemasyarakatan | Bertema istana sentris |
B | Bahasa melayu lama | Bahasa Indonesia baku |
C | Menceritakan masalah kemustahilan | Menceritakan keseharian |
D | Sudut pandang orang pertama | Sudut pandang orang ketiga |
E | Menggunakan alur maju | Menggunakan alur mundur |
19. Cermati kutipan cerita berikut!
“Tuan seorang anak tunggal obat jerih pelerai demam, tangkai hati mainan mata, tempat bersandar badan payah, haus tempat minta air, lapar tempat minta nasi kepada ayah dan bunda Tuan.” Jangan Tuan banyak bicara tak guna cakap diperpanjang, tak ada orang mendengarkan, elok berkata supaya senang perhatian. Pada pendapat perasaan entah karena hamba bodoh, ke mana intan disuruhkan cahayanya tinggal cemerlang, kilat tak hilang dalam lumpur tak pudar dalam perlembahan.” (Cerita Putri Seri Laut) |
Kalimat komentar yang menyatakan kelemahan pada kutipan cerita tersebut adalah ...
A. Cerita Putri Seri Laut tidak mengandung amanat yang berguna untuk pembaca.
B. Tokoh yang ditampilkan dalam cerita tersebut tidak berwatak sehingga membosankan.
C. Isi cerita sulit dipahami karena bahasanya sarat dengan ungkapan dan peribahasa.
D. Cerita Putri Seri Laut menggunakan latar yang tidak mendukung situasi.
E. Bahasa yang diungkapkan oleh para pelaku sangat tidak tepat strukturnya.
20. Bacalah dua teks pantun!
Teks I | Teks 2 |
Peri tulang di tengah lautan Letih mencari jalan ke luar Daripada kita keluyuran Lebih baik kita belajar | Jalan-jalan ke pasar baru Beli sepatu buatan Indonesia Jangan kawan ragu-ragu Tanya dulu kalau suka |
Perbedaan maksud pantun tersebut adalah ….
Teks pantun 1 | Teks pantun 2 | |
A. | Menasihati agar belajar dan jangan bermain. | Mengijinkan seseorang untuk berbuat apa saja. |
B. | Mengingatkan bahwa bermain itu merugikan diri. | Melarang seseorang agar tidak mengambil barang tanpa ijin. |
C. | Menasehati seseorang agar belajar dan melarang keluyuran. | Bila seseorang tampak menyukai sesuatu hendaklah diberikan saja kepada orang tersebut. |
D. | Bahwa hidup ini selalu dimanfaatkan untuk menimba ilmu. | Saling memberi sesama adalah perbuatan yang sangat terpuji. |
E. | Bermain boleh, tetapi jangan keluyuran ke mana-mana. | Apa yang kita sukai / punyai, berikan kepada orang dengan ikhlas. |
21. Perhatikan kutipan cerpen berikut.
(1) “Angel! Kamu bawa payung?” tegurku, seramah mungkin. (2) Gadis blasteran Inggris-Manado itu tidak menoleh. (3) Ia hanya terus memandangi hujan dengan mata birunya yang elok. (4) Ekspresi di wajah cantiknya tak terbaca.(5) Aku mengeluarkan payung dari tasku. “Kalau mau, kamu bisa pakai punyaku,” kataku sambil menyodorkan payung. (6) Angel akhirnya menoleh, tetapi tidak menjawab….
(Aku, Dia dan Hujan, Haqi K)
Bukti watak Angel yang cuek terletak pada kalimat bernomor ….
A. (1) dan (2)
B. (3) dan (4)
C. (5) dan (6)
D. (2) dan (4)
E. (2) dan (6)
22. Bacalah kutipan cerita rakyat berikut!
Pada zaman dahulu di daerah pedalaman Kalimantan Barat, hiduplah laki-laki yang gagah perkasa. Laki-laki itu bernama Bujang Beji. la bukan saja seorang yang gagah perkasa, melainkan juga memiliki kesaktian yang luar biasa dari segala kemampuan yang dimiliki oleh manusia biasa yang juga gagah berani. Bujang Beji keturunan Batara Puyanggana, yaitu makhluk perkasa penguasa bumi. Jika akan mengerjakan ladang, suku Dayak pedalaman ini akan memohon pertolongan Batara Puyanggana ini dengan cara memberikan sesajian yang oleh penduduk disebut Pedarak Pegelak.
Walaupun Bujang Beji gagah perkasa dan keturunan Batara, ia memiliki tingkah laku yang tidak terpuji. Sifat yang menonjol pada dirinya adalah sifat kecemburuan sosial yang melampaui batas, la paling tidak suka melihat orang lain senang dan bahagia, walaupun kesenangan itu diperoleh dengan cucuran keringat. Karena sifatnya yang kurang baik ini, ia diusir dari keluarganya dan turun ke dunia ini dengan menjelma menjadi laki-laki gagah. Setelah ia turun ke dunia, sifatnya tidak berubah, bahkan semakin menjadi-jadi.
Keterkaitan isi cerita rakyat dengan kehidupan saat ini dalam kutipan tersebut adalah . ,.
A. Seseorang yang menggantungkan ladangnya kepada orang bertubuh gagah perkasa.
B. Seseorang yang puas dengan hasil kerja kerasnya dan hasil keringatnya sendiri.
C. Seseorang yang memiliki sifat iri dan tidak suka melihat orang lain senang dan bahagia.
D. Seseorang yang diusir dari keluarganya karena memiliki kesaktian menyesatkan.
E. Seseorang yang memberikan sesajen kepada orang yang memiliki tubuh gagah perkasa.
23. Perhatikan paragraf berikut!
Sepanjang Pantura mengalami abrasi pantai, bahkan ada yang merncapai 1,6 km dari garis terluar pantai. Keadaan itu memang bukan lagi ancaman, melainkan sudah terjadi kerusakan. Penyebab abrasi berat di Pantura, diantaranya pertambakan dan alih fungsi lahan mangrove sehingga mempercepat proses kerusakan pantai tersebut.
Kata abrasi dalam paragraf tersebut memiliki persamaan kata…
- longsor
- runtuh
- kerusakan
- pengikisan
- pendangkalan
24. Cermatilah kalimat-kalimat berikut!
(1) Setelah itu dibilas hingga bersih dengan air biasa. (2) Perlu diingat, jangan mencuci batik dengan deterjen. (3) Merawat kain batik agak sulit sebab jika salah rawat warnanya cepat memudar. (4) Jika diperlukan, gunakan sabun klerak sebagai pengganti deterjen. (5) Keringkan di tempat yang teduh dan setrika tidak terlalu panas. (6) Agar warnanya tetap bagus, sebelum kain dicuci, rendam dengan air kelapa selama kurang lebih dua jam. |
Urutan kalimat yang tepat agar menjadi paragraf proses yang padu adalah ….
A. (2), (3), (4), (5), (1), dan (6)
B. (2), (4), (6), (1), (3), dan (5)
C. (3), (2), (1), (5), (6), dan (4)
D. (3), (6), (1), (4), (5), dan (2)
E. (3), (6), (2), (4), (1), dan (5)
25. Cermati teks berikut!
Sejak kecil aku gemar menari. Aku sering diajak ayah ke sanggar tarinya. … Di samping itu ayah mengajariku tentang kesabaran dan disiplin dalam hal menari. Karena itu, saya berhasil menjadi salah seorang penari nasional. |
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf narasi tersebut adalah ...
A. Tidak jarang ayah mengajariku menari bersama murid-muridnya.
B. Ayah begitu sayang terhadap anak dan saudaranya.
C. Ayahku memiliki sifat lembut dan menyayangi sepenuh hati.
D. Jarang sekali ayah mengungkapkan kekesalan terhadap murid-muridnya.
E. Murid-murid ayah merasa senang diajari menari dengan penuh perhatian.
26. Cermati kutipan proposal berikut!
Cermati topik berikut!
Topik : Mengatasi penyusutan areal pertanian
Kalimat rumusan masalah yang sesuai dengan topik tersebut adalah ...
A. Mengapa areal pertanian banyak dijadikan kawasan industri?
B. Bagaimana cara mengantisipasi penyusutan areal pertanian?
C. Siapa yang menyebabkan susutnya areal pertanian di desa-desa?
D. Berapa banyakkah areal pertanian yang susut tahun ini?
E. Mengapa areal pertanian di kota besar dijadikan lahan pemukiman?
27. Cermati pernyataan berikut!
(1) Siapkan blender. (2) Masukkan buah strawberi ke dalam blender. (3) Masukkan air dan es batu dan gula secukupnya (4) Nyalakan blender dan tunggu hingga seluruhnya tercampur. (5) Setelah selesai, matikan blender dan tuang jus ke dalam gelas. (6) Jus strawberi yang di dalam gelas, siap dihidangkan. |
Konjungsi pada kalimat (5) dapat divariasikan dengan konjungsi ....
A. seketika
B. jadi
C. sementara
D. apabila
E. selanjutnya
28. Cermati paragraf berikut ini !
Andini tidak disukai teman-temannya. Apapun hal yang dilakukan teman-
temannya selalu dicelanya. Selalu ada kekurangannya. Padahal, Andini sendiri kalau
mengerjakan sesuatu kesalahannya jauh lebih besar. Akan tetapi, Andini tidak pernah
merasa dirinya kurang. Ketua kelas pernah menegur Andini “............”. Walaupun
begitu Andini tetap merasa dirinya tidak bersalah.
Peribahasa yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A. Kuman di seberang lautan tampak , gajah di pelupuk mata tak tampak.
B. Dalam laut dapat diduga , dalam hati tiada yang tahu.
C. Berjalan peliharakan kaki, berbicara peliharakan mulut.
D. Kilat mutiara tak hilang dalam lumpur, tak pudar dalam pakaian.
E. Tak layu jenjang dikeping, tak emas bungkal diasah.
29. Rindu ini membeku
[…]
Rindu yang tak pernah usai
Meski laju putaran waktu
Bergulir tak kenal henti
Larik bermajas untuk melengkapi puisi tersebut adalah ....
A. Hentikan asa kehidupan
B. Pemandangan alam indah
C. Rembulan tampak penuh
D. Mentari di balik bukit pohon teh
E. Bagai salju di kutub utara
30. . Bacalah paragraf berikut!
(1)Salah satu proses pembelajaran yang harus dikembangkan oleh guru-guru dalam Kurikulum 2006 atau yang juga dikenal sebagai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah mengembangkan kreativitas siswa secara optimal. (2) Pengembangan kreativitas sangat penting terlihat dari bergesernya peran guru. (3) Dahulu, guru sering mendominasi kelas, tetapi kini guru harus lebih banyak memberi kesempatan kepada siswa untuk berperan lebih aktif dan kreatif. (4) Membangun pemahaman yang baik kepada siswa akan sulit jika fisik dan psikis mereka dalam keadaan tertekan. (5) Kreativitas siswa dapat tumbuh dan berkembang dengan baik apabila ligkungan keluarga, masyarakat, dan lingkungan sekolah turut menunjang.
Kalimat yang tidak padu terdapat pada nomor ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
31. Mengingat banyaknya istilah ilmiah yang dimuat dalam novel ini, akan lebih baik jika pada cetakan berikutnya Eliza tidak hanya memberikan catatan kaki seperti yang sudah ada, tetapi juga menambahkan ... agar pembaca yang awam dalam masalah sains dan … lebih mudah memahami alur cerita. Selain itu, kita berharap Eliza dapat menyelam lebih jauh ke dalam samudra sains, sejarah sains, dan …. Agar kelak kita dapat menikmati novel yang lebih memukau.
Istilah yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang pada paragaf di atas adalah ….
A. glosarium, tehnologi, filsafat
B. glosarium, teknologi, pilsafat
C. glosarium, teknologi, filsafat
D. glosarium, tehnologi, pilsapat
E. glosarium, teknologi, filsapat
32. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Peran serta masyarakat seperti ... kegiatan pagar betis di lingkangan RT atau RW sudah harus ... komitmen bersama. Misalnya, setiap RT atau paling tidak tingkat RW memiliki sebuah tim yang ... lingkungannya dari kemungkinan adanya kegiatan .... narkoba atau pos-pos kegiatan transaksi narkoba.
Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang dari paragraf tersebut adalah....
A. dilakukan, dijadikan, memantau, penyalahgunaan
B. melakukan, menjadikan, memantau, penyalahgunaan
C. melakukan, dijadikan, dipantau, penyalahgunaan
D. melakukan, dijadikan, memantau, penyalahgunaan
E. melakukan, dijadikan, memantau, digunakan
33. Cermati teks berikut!
Di Indonesia banyak sekali terjadi intervensi sumber daya alam yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Perbuatan tersebut akhirnya menimbulkan kerusakan alam dan kerugian negara dalam jumlah yang sangat besar. |
Istilah yang tepat untuk menggantikan istilah yang bercetak miring adalah ....
A. reboisasi
B. eksplor
C. ilegal loging
D. eksplorasi
E. eksploitasi
34. Cermati teks berikut!
Lereng atau tebing yang curam akan memperbesar gaya pendorong. Lereng atau tebing tersebut terbentuk sehingga pengikisan oleh air sungai, mata air, air laut, dan angin. Lereng tersebut mudah longsor bahwa musim hujan dalam keadaan curah hujan tinggi. |
Kata penghubung (konjungsi) yang tepat untuk memperbaiki kata yang bercetak miring pada paragraf tersebut adalah ....
A. sebab, bahwa
B. apabila, bahwa
C. sehingga, karena
D. karena, ketika
E. apabila, maka
35. Cermati teks berikut!
(1) Melihat kondisi hutan di Indonesia sangatlah memprihatinkan. (2) Jumlahnya kian hari, kian berkurang. (3) Penebangan liar terjadi di mana-mana. Bak jamur yang tumbuh di musim hujan ini dilakukan oleh orang-orang yang tidak memikirkan bahayanya di kemudian hari. (4) Contohnya, terjadi di Taman Nasional Leuser yang mengakibatkan korban harta dan korban jiwa. (5) Akibatnya, terjadi banjir dan longsor dimana-mana. |
Perbaikan kalimat tidak padu pada nomor (4) yang tepat adalah ...
A. Mereka hanya mementingkan kepuasan pribadi.
B. Banyak pengusaha tidak memiliki izin penebangan.
C. Hutan yang ditebang besar-besaran sangat berbahaya.
D. Hutan menjadi gundul dan cuaca menjadi panas.
E. Pemerintah memberikan izin kepada mereka sangat mudah.
36. Cermati teks berikut!
Lahan transmigrasi yang disediakan oleh pemerintah belum siap diolah. Pada lahan tersebut masih banyak bongkahan kayu yang besar-besar. Rumah tempat tinggal para transmigran sangat sederhana. Sarana dan prasarana transportasi sangat tidak memadai. Lokasi transmigrasi jauh dari fasilitas umum, seperti sekolah dan pasar. Oleh karena itu, area transmigrasi sepi sekali. |
Kalimat yang tepat untuk memperbaiki simpulan paragraf yang bercetak miring adalah ...
A. Oleh sebab itu, lahan dan tempat tinggal para transmigran penuh dengan belukar dan rusak karena tidak terawat.
B. Oleh karena itu, tidak heran kalau para transmigran menjual lahannya untuk kembali lagi ke kampung halamannya.
C. Dengan demikian, para transmigran tidak dapat mengembangkan lahannya karena kurang tersedianya alat dan pupuk.
D. Oleh sebab itu, daerah transmigrasi tidak ada penduduknya karena rumahnya tidak sesuai dengan harapan mereka.
E. Oleh karena itu, anak-anak para transmigran tidak bisa mengenyam pendidikan sehingga mereka meninggalkan daerah tersebut.
37. Cermati kalimat berikut!
Untuk sukses dalam usaha perikanan, ia tekun membaca buku yang berjudul cara merawat ikan patin dan ikan bandeng di air payau.
Penulisan judul buku yang sesuai dengan ejaan yang berlaku adalah ....
A. Cara merawat ikan patin dan ikan bandeng di air payau
B. Cara merawat Ikan patin dan Ikan Bandeng di air payau
C. Cara Merawat Ikan Patin Dan Ikan Bandeng Di Air Payau
D. Cara merawat Ikan Patin Dan Ikan Bandeng di Air Payau
E. Cara Merawat Ikan Patin dan Ikan Bandeng di Air Payau
38. Penggunaan tanda baca titik dua (:) di bawah ini benar, kecuali ….
A. Hanya ada dua pilihan bagi para pejuang kemerdekaan: hidup atau mati.
B. Narasumber : Prof. Dr. Rahmat Effendi
Pemandu : Abdul Gani, M.Hum.
Pencatat : Sri Astuti Amelia, S.Pd.
C. Pedoman Umum Pembentukan Istilah. Jakarta: Pusat Bahasa.
D. Ibu : "Bawa koper ini, Nak!"
Amir : "Baik, Bu."
Ibu : "Jangan lupa, letakkan baik-baik!"
E. Kita memerlukan: kursi, meja, dan lemari.
39. Perhatikan penggunaan huruf kapital berikut!
1) Siti Fatimah binti Salim membaca doa dengan khusuk.
2) Kita mengenal berbagai macam gula, seperti Gula Jawa, Gula Pasir, Gula Tebu, Gula Aren, dan Gula Anggur.
3) Orang itu menasihati anaknya, "Berhati-hatilah, Nak!"
4) Ya, Tuhan, bimbinglah hamba-Mu ke jalan yang Engkau beri rahmat.
5) Soekarno dan Hatta memproklamasikan kemerdekaan bangsa Indonesia.
Penggunaan huruf kapital yang salah terdapat pada kalimat ….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
40. Besok pagi kata dia mereka akan berangkat.
Perbaikan tanda baca yang tepat kalimat di atas adalah …
A. “Besok pagi kata dia mereka akan berangkat.”
B. “Besok pagi,” kata dia, “mereka akan berangkat.”
C. “Besok pagi,” kata dia, “Mereka akan berangkat.”
D. “Besok pagi,” Kata dia, “Mereka akan berangkat.”
E. ”Besok pagi, “ kata dia: Mereka akan berangkat.
SOAL URAIAN
Jawablah soal-soal berikut.
41. Cermatilah teks berikut
Profinsi Aceh merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki seni tradisionil yang menarik dan populair.Kekayaan budaya ini menunjukkan kreatifitas anak bangsa di Aceh meskipun letaknya jauh dari ibu kota RI.Aceh memiliki kultur dan seni yang khas .Kekhasan ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri .
Tentukan kata-kata yang penulisannya tidak tepat pada paragraf tersebut
42. Cermati kutipan surat lamaran berikut!
Lampiran: satu berkas Boyolali, 31 Januari 2018 Hal : Lamaran Pekerjaan Yth. Pimpinan Perusahaan Jalan Pahlawan Surabaya Dengan hormat, Sehubungan dengan iklan yang dimuat pada harian Republika, 25 Januari 2018, saya mengajukan lamaran pekerjaan sebagai tenaga pemasaran di perusahaan Bapak. Adapun identitas saya sebagai berikut, nama : .... tempat, tanggal lahir : .... pendidikan : .... alamat : .... .............................................................................................................................................. .............................................................................................................................................. .............................................................................................................................................. |
Lanjutkan kutipan surat lamaran pekerjaan tersebut hingga selesai. Cantumkan lampiran-lampiran yang diperlukan. Gunakan ejaan dan tanda baca dengan benar!
43. Cermatilah penggalan teks berikut.
Dalam rumahnya, Suni menunggui Heru di tengah gemericiknya hujan yang mulai turun lagi. “Tuhan, kasihanilah orang-orang miskin, anak yatim di emper toko. Lindungilah dari hati manusia yang dingin. Hangatkan yang tidak punya pakaian dengnan balaian tangan-Mu. Ingatlah orang tak punya macam kami yang selalu menggapai-gapai rumah gedongan. Ingatlah pula …”
Tentukan watak tokoh Suni, cara pendeskripsian, latar tempat dan nilai moral yang terkandung dalam penggalan cerita tersebut !
44. Cermatilah kalimat-kalimat berikut.
a. Tugas anak-anak hari ini adalah membersihkan ruang kelas, menata meja, penyeselesaian PR, dan pemberesanalat-alat praktik.
b. Pengunjung yang membawa tas harap dimasukkan ke loker.
Jelaskan alasan kesalahan kalimat tersebut dan perbaikilah sehingga menjadi kalimat efektif.
45. Cermatilah kalimat-kalimat berikut.
a. Saya akan datang, kalau diundang.
b. Ibu membeli kacang Bogor, nangka Belanda, dan petai Cina.
Jelaskan alasan kesalahan pada kalimat tersebut dan perbaikilah sehingga sesuai dengan kaidah atau pedoman ejaan bahasa Indonesia.
KUNCI JAWABAN DAN PEDOMAN PENILAIAN SOAL USBN 2018
BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2006
I. PILIHAN GANDA
1. D
2. A
3. A
4. B
5. E
6. A
7. D
8. D
9. B
10. A
11. D
12. B
13. A
14. B
15. C
16. B
17. A
18. A
19. C
20. B
21. E
22. C
23. D
24. E
25. A
26. B
27. E
28. A
29. A
30. D
31. C
32. D
33. E
34. D
35. A
36. B
37. E
38. E
39. B
40. B
II. URAIAN
41. Penulisan kata yang tidak tepat adalah profinsi, tradisionil, populair, kreatifitas
42. Soal dari pusat
43. watak tokoh Suni: perhatian pada rakyat kecil
cara pendeskripsian: pikiran tokoh
latar tempat: di dalam rumah
Nilai moral: Memperhatikan/peduli kepada masyarakat bawah
44. a. Kalimat (a) Tugas anak-anak hari ini adalah membersihkan ruang kelas, menatameja, penyeselesaian PR, dan pemberesan alat-alat praktik.
Alasan kesalahan: tidak efektif karena tidak memenuhi syarat kesejajaran
Perbaikan: Tugas anak-anak hari ini adalah membersihkan ruang kelas, menata meja, menyelesaikan PR, dan membereskan alat-alat praktik.
b. Kalimat (b) Pengunjung yang membawa tas harap dimasukkan ke loker.
Alasan kesalahan: tidak efektif karena tidak memenuhi syarat kelogisan
Perbaikan: Tas pengunjung harap dimasukkan ke loker.
45. a. Kalimat (a) Saya akan datang, kalau diundang
Alasan kesalahan: Penggunaan tanda koma (,) yang tidak tepat. Tanda koma tidak dipakai jika induk kalimat mendahului anak kalimat.
Perbaikan: Saya akan datang kalau diundang.
b. Kalimat (b) Ibu membeli kacang Bogor, nangka Belanda, dan petai Cina.
Alasan kesalahan: Huruf pertama nama diri geografi yang dipakai sebagai nama jenis tidak ditulis dengan huruf kapital.
Perbaikan: Ibu membeli kacang bogor, nangka belanda, dan petai cina.
loading...
0 Response to "CONTOH SOAL USBN BAHASA INDONESIA SMA KURIKULUM 2006 DISERTAI KUNCI JAWABAN"
Posting Komentar