loading...
RPP KELAS XI SEMESTER 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah | : | SMA ……………. |
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia |
Kelas/Semester | : | XI / Genap |
Tahun Pelajaran | : | 2018 / 2019 |
Materi Pokok | : | Proposal |
Alokasi Waktu | : | 4 Minggu x 4 Jam pelajaran @ 45 Menit |
A. Kompetensi Inti
· KI-1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
· KI-2:Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
· KI 3:Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
· KI4:Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Indikator
Kompetensi Dasar Pengetahuan | Kompetensi Dasar Keterampilan |
1. 2. 3. 3.1. 3.2. 3.3. 3.4. 3.5. 3.6. 3.7. 3.8. 3.9. 3.10. 3.11. 3.12. Mengidentifikasi formasi penting yang ada dalam proposal kegiatan atau penelitian yang dibaca | 4. 4.1. 4.2. 4.3. 4.4. 4.5. 4.6. 4.7. 4.8. 4.9. 4.10. 4.11. 4.12. Melengkapi informasi dalam proposal secara lisan supaya lebih efektif |
IPK Pengetahuan | IPK Keterampilan |
1. 2. 3. 3.1. 3.2. 3.3. 3.4. 3.5. 3.6. 3.7. 3.8. 3.9. 3.10. 3.11. 3.12. 3.12.1. Mengidentifiksi isi tiap-tiap unsur proposal. 3.12.2. Menyunting proposal yang dibaca dengan cara melengkapi informasi yang kurang lengkap. | 4.12.1. Mempresentasikan hasil kerja dalam diskusi kelas. |
Kompetensi Dasar Pengetahuan | Kompetensi Dasar Keterampilan |
1. 2. 3. 3.1. 3.2. 3.3. 3.4. 3.5. 3.6. 3.7. 3.8. 3.9. 3.10. 3.11. 3.12. 3.13. Menganalisis isi, sistematika, dan kebahasaan suatu proposal | 4. 4.1. 4.2. 4.3. 4.4. 4.5. 4.6. 4.7. 4.8. 4.9. 4.10. 4.11. 4.12. 4.13. Merancang sebuah proposal karya ilmiah dengan memerhatikan informasi, tujuan, dan esensi karya ilmiah yang diperlukan |
IPK Pengetahuan | IPK Keterampilan |
1. 2. 3. 3.1. 3.2. 3.3. 3.4. 3.5. 3.6. 3.7. 3.8. 3.9. 3.10. 3.11. 3.12. 3.13. 3.13.1. Mengidentifikasi isi, sistematika, dan kebahasaan proposal. 3.13.2. Membuat proposal berdasarkan unsur-unsur proposal, pendahuluan, latar belakang masalah, metode, pelaksanaan (tempat, waktu, biaya, dan pelaksana) dengan memperhati-kan isi dan kebahasaannya. | 4.13.1. Mempresentasikan,menanggapi, dan merevisi hasil kerja dalam diskusi kelas. |
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan model pembelajaran sintesis pedagoge genre, problem based learning dan CLIL, peserta didik dapat mengidentifiksi isi tiap-tiap unsur proposal, menyunting proposal yang dibaca dengan cara melengkapi informasi yang kurang lengkap, Mengidentifikasi isi, sistematika, dan kebahasaan proposal, membuat proposal berdasarkan unsur-unsur proposal, pendahuluan, latar belakang masalah, metode, pelaksanaan (tempat, waktu, biaya, dan pelaksana) dengan memperhati-kan isi dan kebahasaannya, mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi hasil kerja dalam diskusi kelas. dengan rasa syukur, ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif, serta dapat bekerja sama.
D. Materi Pembelajaran
Fakta
Topik : Proposal
· isi proposal;
Konsep
Unsur Kebahasaan
· unsur kebahasaan proposal.
· unsur-unsur proposal
Prinsip
Fungsi Sosial
· informasi dalam proposal
Prosedur
Sturktur
· sistematika proposal
E. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific Learning
Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan) dan Problem
Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah )/ projek
F. Media Pembelajaran
Media/Alat:
Ø Worksheet atau lembar kerja (siswa)
Ø Lembar penilaian
Ø Penggaris, spidol, papan tulis
Ø Laptop & infocus
Ø Audio: kaset dan CD.
Ø Audio-cetak: kaset atau CD audio yang dilengkapi dengan teks.
Ø Proyeksi visual diam: OUT dan film bingkai.
Ø Proyeksi audio visual: film dan bingkai (slide) bersuara.
Ø Audio visual gerak: VCD, DVD, dan W.
Ø Visual gerak: film bisu.
Ø Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.
Ø Komputer.
Ø Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan gambar.
Bahan :
Ø Spidol / kapur berwarna
G. Sumber Belajar
1. Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
2. Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
3. Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
H. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke – 1 Materi : Proposal |
KEGIATAN PEMBELAJARAN | Waktu | Sintak Model Pembelajaran | 90 menit | KEGIATAN PENDAHULUAN | 15 menit | Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan) | Guru : Orientasi - Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi - Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu : ulasan terhadap buku fiksi
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi - Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi informasi dalam proposal
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan - Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
| Problem Statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | KEGIATAN LITERASI Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, · Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/video tentang materi informasi dalam proposal “Apa yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?” Ø lembar kerja materi informasi dalam proposal Ø pemberian contoh-contoh materi informasi dalam proposal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb - Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi informasi dalam proposal dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan pemberian materi informasi dalam proposal oleh guru · Menyimak, penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi informasi dalam proposal, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. · Menulis Peserta didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) · Mengajukan pertanyaan tentang materi informasi dalam proposal yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya : Ø Apa yang dimaksud dengan informasi dalam proposal? Ø Terdiri dari apakah informasi dalam proposal tersebut? Ø Seperti apakah informasi dalam proposal tersebut? Ø Bagaimana informasi dalam proposal itu bekerja? Ø Apa fungsi informasi dalam proposal? Ø Bagaimanakah materi informasi dalam proposal itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan peserta didik?
| KEGIATAN INTI | 60 menit | Data Collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: - Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi informasi dalam proposal yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya - Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi informasi dalam proposal yang sedang dipelajari menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi informasi dalam proposal yang sedang dipelajari - Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi informasi dalam proposal yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA) Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi informasi dalam proposal mencatat semua informasi tentang materi informasi dalam proposal yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi informasi dalam proposal sesuai dengan pemahamannya
| Data Processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : · Saling tukar informasi tentang materi informasi dalam proposal dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat. - Berdiskusi tentang data dari materi informasi dalam proposal yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah informasi dari materi informasi dalam proposal yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi informasi dalam proposal
| KEGIATAN PENUTUP | 15 menit | Verification (pembuktian) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan : - Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : informasi dalam proposal, antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan hasil diskusi tentang materi informasi dalam proposal berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : informasi dalam proposal
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi informasi dalam proposal dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya atas presentasi tentang materi informasi dalam proposal yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang informasi dalam proposal
- Menjawab pertanyaan tentang informasi dalam proposal yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
- Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi informasi dalam proposal yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi informasi dalam proposal yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
| Generalizatio (menarik kesimpulan) | CREATIVITY (KREATIVITAS) Peserta didik : - Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran informasi dalam proposal yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran informasi dalam proposal yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran informasi dalam proposal.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran informasi dalam proposal
- Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran informasi dalam proposal kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
| CATATAN : | Selama pembelajaran informasi dalam proposal berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
|
|
Pertemuan Ke – 2 Materi : Proposal |
KEGIATAN PEMBELAJARAN | Waktu | Sintak Model Pembelajaran | 90 menit | KEGIATAN PENDAHULUAN | 15 menit | Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan) | Guru : Orientasi - Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi - Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu : informasi dalam proposal
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi - Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi unsur-unsur proposal
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan - Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
| Problem Statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | KEGIATAN LITERASI Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, · Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/video tentang materi unsur-unsur proposal “Apa yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?” Ø lembar kerja materi unsur-unsur proposal Ø pemberian contoh-contoh materi unsur-unsur proposal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb - Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi unsur-unsur proposal dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan pemberian materi unsur-unsur proposal oleh guru · Menyimak, penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi unsur-unsur proposal, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. · Menulis Peserta didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) · Mengajukan pertanyaan tentang materi unsur-unsur proposal yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya : Ø Apa yang dimaksud dengan unsur-unsur proposal? Ø Terdiri dari apakah unsur-unsur proposal tersebut? Ø Seperti apakah unsur-unsur proposal tersebut? Ø Bagaimana unsur-unsur proposal itu bekerja? Ø Apa fungsi unsur-unsur proposal? Ø Bagaimanakah materi unsur-unsur proposal itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan peserta didik?
| KEGIATAN INTI | 60 menit | Data Collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: - Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi unsur-unsur proposal yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya - Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi unsur-unsur proposal yang sedang dipelajari menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi unsur-unsur proposal yang sedang dipelajari - Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi unsur-unsur proposal yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA) Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi unsur-unsur proposal mencatat semua informasi tentang materi unsur-unsur proposal yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi unsur-unsur proposal sesuai dengan pemahamannya | Data Processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : · Saling tukar informasi tentang materi unsur-unsur proposal dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat. - Berdiskusi tentang data dari materi unsur-unsur proposal yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah informasi dari materi unsur-unsur proposal yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi unsur-unsur proposal
| KEGIATAN PENUTUP | 15 menit | Verification (pembuktian) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan : - Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : unsur-unsur proposal, antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan hasil diskusi tentang materi unsur-unsur proposal berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : unsur-unsur proposal
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi unsur-unsur proposal dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya atas presentasi tentang materi unsur-unsur proposal yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang unsur-unsur proposal
- Menjawab pertanyaan tentang unsur-unsur proposal yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
- Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi unsur-unsur proposal yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi unsur-unsur proposal yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
| Generalizatio (menarik kesimpulan) | CREATIVITY (KREATIVITAS) Peserta didik : - Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran unsur-unsur proposal yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran unsur-unsur proposal yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran unsur-unsur proposal.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran unsur-unsur proposal
- Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran unsur-unsur proposal kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
| CATATAN : | Selama pembelajaran unsur-unsur proposal berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
|
|
Pertemuan Ke – 3 Materi : Proposal |
KEGIATAN PEMBELAJARAN | Waktu | Sintak Model Pembelajaran | 90 menit | KEGIATAN PENDAHULUAN | 15 menit | Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan) | Guru : Orientasi - Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi - Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu : unsur-unsur proposal
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi - Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi isi proposal
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan - Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
| Problem Statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | KEGIATAN LITERASI Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, · Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/video tentang materi isi proposal “Apa yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?” Ø lembar kerja materi isi proposal Ø pemberian contoh-contoh materi isi proposal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb - Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi isi proposal dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan pemberian materi isi proposal oleh guru · Menyimak, penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi isi proposal, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. · Menulis Peserta didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) · Mengajukan pertanyaan tentang materi isi proposal yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya : Ø Apa yang dimaksud dengan isi proposal? Ø Terdiri dari apakah isi proposal tersebut? Ø Seperti apakah isi proposal tersebut? Ø Bagaimana isi proposal itu bekerja? Ø Apa fungsi isi proposal? Ø Bagaimanakah materi isi proposal itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan peserta didik?
| KEGIATAN INTI | 60 menit | Data Collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: - Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi isi proposal yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya - Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi isi proposal yang sedang dipelajari menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi isi proposal yang sedang dipelajari - Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi isi proposal yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA) Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi isi proposal mencatat semua informasi tentang materi isi proposal yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi isi proposal sesuai dengan pemahamannya
| Data Processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : · Saling tukar informasi tentang materi isi proposal dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat. - Berdiskusi tentang data dari materi isi proposal yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah informasi dari materi isi proposal yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi isi proposal
| KEGIATAN PENUTUP | 15 menit | Verification (pembuktian) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan : - Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : isi proposal, antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan hasil diskusi tentang materi isi proposal berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : isi proposal
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi isi proposal dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya atas presentasi tentang materi isi proposal yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang isi proposal
- Menjawab pertanyaan tentang isi proposal yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
- Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi isi proposal yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi isi proposal yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
| Generalizatio (menarik kesimpulan) | CREATIVITY (KREATIVITAS) Peserta didik : - Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran isi proposal yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran isi proposal yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran isi proposal.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran isi proposal
- Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran isi proposal kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
| CATATAN : | Selama pembelajaran isi proposal berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
|
|
Pertemuan Ke – 4 Materi : Proposal |
KEGIATAN PEMBELAJARAN | Waktu | Sintak Model Pembelajaran | 90 menit | KEGIATAN PENDAHULUAN | 15 menit | Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan) | Guru : Orientasi - Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi - Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu : isi proposal
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi - Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi sistematika proposal
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan - Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
| Problem Statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | KEGIATAN LITERASI Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, · Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/video tentang materi sistematika proposal “Apa yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?” Ø lembar kerja materi sistematika proposal Ø pemberian contoh-contoh materi sistematika proposal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb - Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi sistematika proposal dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan pemberian materi sistematika proposal oleh guru · Menyimak, penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi sistematika proposal, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. · Menulis Peserta didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) · Mengajukan pertanyaan tentang materi sistematika proposal yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya : Ø Apa yang dimaksud dengan sistematika proposal? Ø Terdiri dari apakah sistematika proposal tersebut? Ø Seperti apakah sistematika proposal tersebut? Ø Bagaimana sistematika proposal itu bekerja? Ø Apa fungsi sistematika proposal? Ø Bagaimanakah materi sistematika proposal itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan peserta didik?
| KEGIATAN INTI | 60 menit | Data Collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: - Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi sistematika proposal yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya - Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi sistematika proposal yang sedang dipelajari menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi sistematika proposal yang sedang dipelajari - Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi sistematika proposal yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA) Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi sistematika proposal mencatat semua informasi tentang materi sistematika proposal yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi sistematika proposal sesuai dengan pemahamannya
| Data Processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : · Saling tukar informasi tentang materi sistematika proposal dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat. - Berdiskusi tentang data dari materi sistematika proposal yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah informasi dari materi sistematika proposal yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi sistematika proposal
| KEGIATAN PENUTUP | 15 menit | Verification (pembuktian) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan : - Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : sistematika proposal, antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan hasil diskusi tentang materi sistematika proposal berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : sistematika proposal
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi sistematika proposal dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya atas presentasi tentang materi sistematika proposal yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang sistematika proposal
- Menjawab pertanyaan tentang sistematika proposal yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
- Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi sistematika proposal yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi sistematika proposal yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
| Generalizatio (menarik kesimpulan) | CREATIVITY (KREATIVITAS) Peserta didik : - Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran sistematika proposal yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran sistematika proposal yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran sistematika proposal.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran sistematika proposal
- Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran sistematika proposal kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
| CATATAN : | Selama pembelajaran sistematika proposal berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
|
|
Pertemuan Ke – 5 Materi : Proposal |
KEGIATAN PEMBELAJARAN | Waktu | Sintak Model Pembelajaran | 90 menit | KEGIATAN PENDAHULUAN | 15 menit | Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan) | Guru : Orientasi - Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi - Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu : sistematika proposal
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi - Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi unsur kebahasaan proposal
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan - Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
| Problem Statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | KEGIATAN LITERASI Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, · Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/video tentang materi unsur kebahasaan proposal “Apa yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?” Ø lembar kerja materi unsur kebahasaan proposal Ø pemberian contoh-contoh materi unsur kebahasaan proposal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb - Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi unsur kebahasaan proposal dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan pemberian materi unsur kebahasaan proposal oleh guru · Menyimak, penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi unsur kebahasaan proposal, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. · Menulis Peserta didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) · Mengajukan pertanyaan tentang materi unsur kebahasaan proposal yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya : Ø Apa yang dimaksud dengan unsur kebahasaan proposal? Ø Terdiri dari apakah unsur kebahasaan proposal tersebut? Ø Seperti apakah unsur kebahasaan proposal tersebut? Ø Bagaimana unsur kebahasaan proposal itu bekerja? Ø Apa fungsi unsur kebahasaan proposal? Ø Bagaimanakah materi unsur kebahasaan proposal itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan peserta didik?
| KEGIATAN INTI | 60 menit | Data Collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: - Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi unsur kebahasaan proposal yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya - Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi unsur kebahasaan proposal yang sedang dipelajari menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi unsur kebahasaan proposal yang sedang dipelajari - Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi unsur kebahasaan proposal yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA) Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi unsur kebahasaan proposal mencatat semua informasi tentang materi unsur kebahasaan proposal yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi unsur kebahasaan proposal sesuai dengan pemahamannya
| Data Processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : · Saling tukar informasi tentang materi unsur kebahasaan proposal dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat. - Berdiskusi tentang data dari materi unsur kebahasaan proposal yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah informasi dari materi unsur kebahasaan proposal yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi unsur kebahasaan proposal
| KEGIATAN PENUTUP | 15 menit | Verification (pembuktian) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan : - Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : unsur kebahasaan proposal, antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan hasil diskusi tentang materi unsur kebahasaan proposal berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : unsur kebahasaan proposal
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi unsur kebahasaan proposal dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya atas presentasi tentang materi unsur kebahasaan proposal yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang unsur kebahasaan proposal
- Menjawab pertanyaan tentang unsur kebahasaan proposal yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
- Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi unsur kebahasaan proposal yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi unsur kebahasaan proposal yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
| Generalizatio (menarik kesimpulan) | CREATIVITY (KREATIVITAS) Peserta didik : - Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran unsur kebahasaan proposal yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran unsur kebahasaan proposal yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran unsur kebahasaan proposal.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran unsur kebahasaan proposal
- Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran unsur kebahasaan proposal kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
| CATATAN : | Selama pembelajaran unsur kebahasaan proposal berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
|
|
I. Penilaian
Sikap
Jurnal
LEMBAR PENILAIAN SIKAP - JURNAL
Nama Siswa : ………………..
Kelas : ………………
No. | Hari/Tanggal | Sikap/Perilaku | Ket. |
Positif | Negatif |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kesimpulan :
……………………………………………………………………………………………………………
Penilaian Sikap - Jurnal |
Nama Peserta Didik : …………...........................................…….. Kelas : …………...........................................…….. Aspek yang diamati : …………...........................................……..
No | Hari/tanggal | Kejadian | Keterangan / Tindak Lanjut | 1 |
|
|
| …. |
|
|
| Nilai jurnal menggunakan skala Sangat Baik (SB)= 100, Baik (B) = 75, Cukup (C) = 50, dan Kurang (K) = 25
|
Pengetahuan
- Tertulis Pilihan Ganda (lihat lampiran)
- Tertulis Uraian(lihat lampiran)
- Tes Lisan / Observasi terhadap Diskusi Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian Aspek Percakapan
No | Aspek yang Dinilai | Skala | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai |
25 | 50 | 75 | 100 |
1 | Intonasi |
|
|
|
|
|
|
|
2 | Pelafalan |
|
|
|
|
3 | Kelancaran |
|
|
|
|
4 | Ekspresi |
|
|
|
|
5 | Penampilan |
|
|
|
|
6 | Gestur |
|
|
|
|
- Penugasan(lihat lampiran)
Tugas Rumah
a) Peserta didik menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku peserta didik
b) Peserta didik memnta tanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas rumah dengan baik
c) Peserta didik mengumpulkan jawaban dari tugas rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian
Keterampilan
- Penilaian Unjuk Kerja
Contoh instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:
Instrumen Penilaian
No | Aspek yang Dinilai | Sangat Baik (100) | Baik (75) | Kurang Baik (50) | Tidak Baik (25) |
1 | Kesesuaian respon dengan pertanyaan |
|
|
|
|
2 | Keserasian pemilihan kata |
|
|
|
|
3 | Kesesuaian penggunaan tata bahasa |
|
|
|
|
4 | Pelafalan |
|
|
|
|
Kriteria penilaian (skor)
100 = Sangat Baik 50 = Kurang Baik
75 = Baik 25 = Tidak Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)
| | 100 | 75 | 50 | 25 |
1 | Penguasaan materi diskusi |
|
|
|
|
2 | Kemampuan menjawab pertanyaan |
|
|
|
|
3 | Kemampuan mengolah kata |
|
|
|
|
4 | Kemampuan menyelesaikan masalah |
|
|
|
|
Keterangan :
100 = Sangat Baik 50 = Kurang Baik
75 = Baik 25 = Tidak Baik
- Penilaian Proyek(lihat lampiran)
Membuat denah sekolah, jadwal kegiatan sekolah, dll
- Penilaian Produk(lihat lampiran)
- Penilaian Portofolio
Kumpulan semua tugas yang sudah dikerjakan peserta didik, seperti catatan, PR, dll
Instrumen Penilain
No | Aspek yang Dinilai | 100 | 75 | 50 | 25 |
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
Mengetahui, …………, ………….
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
…………….. …………………………
UNDUH FILE WORD RPP TEKS PROPOSAL KLIK
https://drive.google.com/open?id=1L8j7oTNwXuk6z7GQe_RwCljF_B1-vLyA
loading...
0 Response to "RPP TEKS PROPOSAL KELAS XI SEMSETER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019"
Posting Komentar