loading...
RPP KELAS XI SEMESTER 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah | : | SMA …………. |
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia |
Kelas/Semester | : | XI / Genap |
Tahun Pelajaran | : | 2018 / 2019 |
Materi Pokok | : | Karya Ilmiah |
Alokasi Waktu | : | 4 Minggu x 4 Jam pelajaran @ 45 Menit |
A. Kompetensi Inti
· KI-1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
· KI-2:Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
· KI 3:Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
· KI4:Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Indikator
Kompetensi Dasar Pengetahuan | Kompetensi Dasar Keterampilan |
1. 2. 3. 3.1. 3.2. 3.3. 3.4. 3.5. 3.6. 3.7. 3.8. 3.9. 3.10. 3.11. 3.12. 3.13. 3.14. Mengidentifikasi informasi, tujuan dan esensi sebuah karya ilmiah yang dibaca | 4. 4.1. 4.2. 4.3. 4.4. 4.5. 4.6. 4.7. 4.8. 4.9. 4.10. 4.11. 4.12. 4.13. 4.14. Merancang informasi, tujuan, dan esensi yang harus disajikan dalam karya ilmiah |
IPK Pengetahuan | IPK Keterampilan |
1. 2. 3. 3.1. 3.2. 3.3. 3.4. 3.5. 3.6. 3.7. 3.8. 3.9. 3.10. 3.11. 3.12. 3.13. 3.14. 3.14.1. Menentukaninformasi, tujuan dan esensi sebuah karya ilmiah yang dibaca. 3.14.2. Merancang karya ilmiah sesuai dengan unsur-unsur dan isi karya ilmiah. | 4.14.1. Mempresentasikanmenanggapi, dan merevisi hasil kerja dalam diskusi kelas. |
Kompetensi Dasar Pengetahuan | Kompetensi Dasar Keterampilan |
1. 2. 3. 3.1. 3.2. 3.3. 3.4. 3.5. 3.6. 3.7. 3.8. 3.9. 3.10. 3.11. 3.12. 3.13. 3.14. 3.15. Menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah | 4. 4.1. 4.2. 4.3. 4.4. 4.5. 4.6. 4.7. 4.8. 4.9. 4.10. 4.11. 4.12. 4.13. 4.14. 4.15. Mengonstruksi sebuah karya ilmiah dengan memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan |
IPK Pengetahuan | IPK Keterampilan |
1. 2. 3. 3.1. 3.2. 3.3. 3.4. 3.5. 3.6. 3.7. 3.8. 3.9. 3.10. 3.11. 3.12. 3.13. 3.14. 3.15. 3.15.1. Mengumpulkan dan mengidentifikasi data berkenaan dengan informasi yang akan disusun dalam bentuk karya ilmiah. 3.15.2. Menulis karya ilmiah dengan memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan. | 4.15.1. Mempresentasikan, menanggapi, merevisi,menilaikarya ilmiah hasil kerja dalam diskusi kelas. |
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan model pembelajaran sintesis pedagoge genre, problem based learning dan CLIL, peserta didik dapat menentukan informasi, tujuan dan esensi sebuah karya ilmiah yang dibaca, merancang karya ilmiah sesuai dengan unsur-unsur dan isi karya ilmiah, mengidentifikasi data berkenaan dengan informasi yang akan disusun dalam bentuk karya ilmiah, menulis karya ilmiah dengan memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan, dan mempresentasikan, menanggapi, merevisi,menilai karya ilmiah hasil kerja dalam diskusi kelas dengan rasa syukur, ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif, serta dapat bekerja sama.
D. Materi Pembelajaran
Fakta
Topik : Karya Ilmiah
· isi dalam karya ilmiah;
Konsep
Unsur Kebahasaan
· unsur-unsur karya ilmiah
· kebahasaan karya ilmiah
Prinsip
Fungsi Sosial
· tujuan dan esensi karya ilmiah; d
· penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul)
· kalimat baku
Prosedur
Sturktur
· membuat karya ilmiah.
· menyusun karya ilmiah
E. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific Learning
Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan) dan Problem
Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah )/ projek
F. Media Pembelajaran
Media/Alat :
Ø Worksheet atau lembar kerja (siswa)
Ø Lembar penilaian
Ø Penggaris, spidol, papan tulis
Ø Laptop & infocus
Ø Audio: kaset dan CD.
Ø Audio-cetak: kaset atau CD audio yang dilengkapi dengan teks.
Ø Proyeksi visual diam: OUT dan film bingkai.
Ø Proyeksi audio visual: film dan bingkai (slide) bersuara.
Ø Audio visual gerak: VCD, DVD, dan W.
Ø Visual gerak: film bisu.
Ø Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.
Ø Komputer.
Ø Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan gambar.
Bahan :
Ø Spidol / kapur berwarna
G. Sumber Belajar
1. Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
2. Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
3. Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
H. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke – 1 Materi : Karya Ilmiah |
KEGIATAN PEMBELAJARAN | Waktu | Sintak Model Pembelajaran | 90 menit | KEGIATAN PENDAHULUAN | 15 menit | Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan) | Guru : Orientasi - Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi - Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu : unsur kebahasaan proposal
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi - Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi unsur-unsur karya ilmiah
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan - Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
| Problem Statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | KEGIATAN LITERASI Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, · Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/video tentang materi unsur-unsur karya ilmiah “Apa yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?” Ø lembar kerja materi unsur-unsur karya ilmiah Ø pemberian contoh-contoh materi unsur-unsur karya ilmiah untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb - Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi unsur-unsur karya ilmiah dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan pemberian materi unsur-unsur karya ilmiah oleh guru · Menyimak, penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi unsur-unsur karya ilmiah, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. · Menulis Peserta didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) · Mengajukan pertanyaan tentang materi unsur-unsur karya ilmiah yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya : Ø Apa yang dimaksud dengan unsur-unsur karya ilmiah? Ø Terdiri dari apakah unsur-unsur karya ilmiah tersebut? Ø Seperti apakah unsur-unsur karya ilmiah tersebut? Ø Bagaimana unsur-unsur karya ilmiah itu bekerja? Ø Apa fungsi unsur-unsur karya ilmiah? Ø Bagaimanakah materi unsur-unsur karya ilmiah itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan peserta didik?
| KEGIATAN INTI | 60 menit | Data Collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: - Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi unsur-unsur karya ilmiah yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya - Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi unsur-unsur karya ilmiah yang sedang dipelajari menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi unsur-unsur karya ilmiah yang sedang dipelajari - Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi unsur-unsur karya ilmiah yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA) Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi unsur-unsur karya ilmiah mencatat semua informasi tentang materi unsur-unsur karya ilmiah yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi unsur-unsur karya ilmiah sesuai dengan pemahamannya
| Data Processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : · Saling tukar informasi tentang materi unsur-unsur karya ilmiah dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat. - Berdiskusi tentang data dari materi unsur-unsur karya ilmiah yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah informasi dari materi unsur-unsur karya ilmiah yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi unsur-unsur karya ilmiah
| KEGIATAN PENUTUP | 15 menit | Verification (pembuktian) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan : - Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : unsur-unsur karya ilmiah, antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan hasil diskusi tentang materi unsur-unsur karya ilmiah berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : unsur-unsur karya ilmiah
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi unsur-unsur karya ilmiah dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya atas presentasi tentang materi unsur-unsur karya ilmiah yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang unsur-unsur karya ilmiah
- Menjawab pertanyaan tentang unsur-unsur karya ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
- Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi unsur-unsur karya ilmiah yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi unsur-unsur karya ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
| Generalizatio (menarik kesimpulan) | CREATIVITY (KREATIVITAS) Peserta didik : - Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran unsur-unsur karya ilmiah yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran unsur-unsur karya ilmiah yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran unsur-unsur karya ilmiah.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran unsur-unsur karya ilmiah
- Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran unsur-unsur karya ilmiah kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
| CATATAN : | Selama pembelajaran unsur-unsur karya ilmiah berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
|
|
Pertemuan Ke – 2 Materi : Karya Ilmiah |
KEGIATAN PEMBELAJARAN | Waktu | Sintak Model Pembelajaran | 90 menit | KEGIATAN PENDAHULUAN | 15 menit | Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan) | Guru : Orientasi - Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi - Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu : unsur-unsur karya ilmiah
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi - Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi isi dalam karya ilmiah
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan - Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
| Problem Statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | KEGIATAN LITERASI Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, · Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/video tentang materi isi dalam karya ilmiah “Apa yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?” Ø lembar kerja materi isi dalam karya ilmiah Ø pemberian contoh-contoh materi isi dalam karya ilmiah untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb - Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi isi dalam karya ilmiah dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan pemberian materi isi dalam karya ilmiah oleh guru · Menyimak, penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi isi dalam karya ilmiah, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. · Menulis Peserta didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) · Mengajukan pertanyaan tentang materi isi dalam karya ilmiah yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya : Ø Apa yang dimaksud dengan isi dalam karya ilmiah? Ø Terdiri dari apakah isi dalam karya ilmiah tersebut? Ø Seperti apakah isi dalam karya ilmiah tersebut? Ø Bagaimana isi dalam karya ilmiah itu bekerja? Ø Apa fungsi isi dalam karya ilmiah? Ø Bagaimanakah materi isi dalam karya ilmiah itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan peserta didik?
| KEGIATAN INTI | 60 menit | Data Collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: - Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi isi dalam karya ilmiah yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya - Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi isi dalam karya ilmiah yang sedang dipelajari menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi isi dalam karya ilmiah yang sedang dipelajari - Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi isi dalam karya ilmiah yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA) Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi isi dalam karya ilmiah mencatat semua informasi tentang materi isi dalam karya ilmiah yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi isi dalam karya ilmiah sesuai dengan pemahamannya
| Data Processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : · Saling tukar informasi tentang materi isi dalam karya ilmiah dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat. - Berdiskusi tentang data dari materi isi dalam karya ilmiah yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah informasi dari materi isi dalam karya ilmiah yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi isi dalam karya ilmiah
| KEGIATAN PENUTUP | 15 menit | Verification (pembuktian) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan : - Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : isi dalam karya ilmiah, antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan hasil diskusi tentang materi isi dalam karya ilmiah berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : isi dalam karya ilmiah
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi isi dalam karya ilmiah dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya atas presentasi tentang materi isi dalam karya ilmiah yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang isi dalam karya ilmiah
- Menjawab pertanyaan tentang isi dalam karya ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
- Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi isi dalam karya ilmiah yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi isi dalam karya ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
| Generalizatio (menarik kesimpulan) | CREATIVITY (KREATIVITAS) Peserta didik : - Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran isi dalam karya ilmiah yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran isi dalam karya ilmiah yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran isi dalam karya ilmiah.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran isi dalam karya ilmiah
- Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran isi dalam karya ilmiah kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
| CATATAN : | Selama pembelajaran isi dalam karya ilmiah berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
|
|
Pertemuan Ke – 3 Materi : Karya Ilmiah |
KEGIATAN PEMBELAJARAN | Waktu | Sintak Model Pembelajaran | 90 menit | KEGIATAN PENDAHULUAN | 15 menit | Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan) | Guru : Orientasi - Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi - Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu : isi dalam karya ilmiah
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi - Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi tujuan dan esensi karya ilmiah
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan - Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
| Problem Statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | KEGIATAN LITERASI Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, · Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/video tentang materi tujuan dan esensi karya ilmiah “Apa yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?” Ø lembar kerja materi tujuan dan esensi karya ilmiah Ø pemberian contoh-contoh materi tujuan dan esensi karya ilmiah untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb - Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi tujuan dan esensi karya ilmiah dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan pemberian materi tujuan dan esensi karya ilmiah oleh guru · Menyimak, penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi tujuan dan esensi karya ilmiah, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. · Menulis Peserta didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) · Mengajukan pertanyaan tentang materi tujuan dan esensi karya ilmiah yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya : Ø Apa yang dimaksud dengan tujuan dan esensi karya ilmiah? Ø Terdiri dari apakah tujuan dan esensi karya ilmiah tersebut? Ø Seperti apakah tujuan dan esensi karya ilmiah tersebut? Ø Bagaimana tujuan dan esensi karya ilmiah itu bekerja? Ø Apa fungsi tujuan dan esensi karya ilmiah? Ø Bagaimanakah materi tujuan dan esensi karya ilmiah itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan peserta didik?
| KEGIATAN INTI | 60 menit | Data Collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: - Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi tujuan dan esensi karya ilmiah yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya - Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi tujuan dan esensi karya ilmiah yang sedang dipelajari menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi tujuan dan esensi karya ilmiah yang sedang dipelajari - Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi tujuan dan esensi karya ilmiah yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA) Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi tujuan dan esensi karya ilmiah mencatat semua informasi tentang materi tujuan dan esensi karya ilmiah yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi tujuan dan esensi karya ilmiah sesuai dengan pemahamannya
| Data Processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : · Saling tukar informasi tentang materi tujuan dan esensi karya ilmiah dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat. - Berdiskusi tentang data dari materi tujuan dan esensi karya ilmiah yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah informasi dari materi tujuan dan esensi karya ilmiah yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi tujuan dan esensi karya ilmiah
| KEGIATAN PENUTUP | 15 menit | Verification (pembuktian) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan : - Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : tujuan dan esensi karya ilmiah, antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan hasil diskusi tentang materi tujuan dan esensi karya ilmiah berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : tujuan dan esensi karya ilmiah
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi tujuan dan esensi karya ilmiah dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya atas presentasi tentang materi tujuan dan esensi karya ilmiah yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang tujuan dan esensi karya ilmiah
- Menjawab pertanyaan tentang tujuan dan esensi karya ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
- Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi tujuan dan esensi karya ilmiah yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi tujuan dan esensi karya ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
| Generalizatio (menarik kesimpulan) | CREATIVITY (KREATIVITAS) Peserta didik : - Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tujuan dan esensi karya ilmiah yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran tujuan dan esensi karya ilmiah yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran tujuan dan esensi karya ilmiah.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran tujuan dan esensi karya ilmiah
- Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran tujuan dan esensi karya ilmiah kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
| CATATAN : | Selama pembelajaran tujuan dan esensi karya ilmiah berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
|
|
Pertemuan Ke – 4 Materi : Karya Ilmiah |
KEGIATAN PEMBELAJARAN | Waktu | Sintak Model Pembelajaran | 90 menit | KEGIATAN PENDAHULUAN | 15 menit | Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan) | Guru : Orientasi - Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi - Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu : tujuan dan esensi karya ilmiah
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi - Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi membuat karya ilmiah
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan - Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
| Problem Statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | KEGIATAN LITERASI Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, · Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/video tentang materi membuat karya ilmiah “Apa yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?” Ø lembar kerja materi membuat karya ilmiah Ø pemberian contoh-contoh materi membuat karya ilmiah untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb - Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi membuat karya ilmiah dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan pemberian materi membuat karya ilmiah oleh guru · Menyimak, penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi membuat karya ilmiah, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. · Menulis Peserta didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) · Mengajukan pertanyaan tentang materi membuat karya ilmiah yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya : Ø Apa yang dimaksud dengan membuat karya ilmiah? Ø Terdiri dari apakah membuat karya ilmiah tersebut? Ø Seperti apakah membuat karya ilmiah tersebut? Ø Bagaimana membuat karya ilmiah itu bekerja? Ø Apa fungsi membuat karya ilmiah? Ø Bagaimanakah materi membuat karya ilmiah itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan peserta didik?
| KEGIATAN INTI | 60 menit | Data Collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: - Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi membuat karya ilmiah yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya - Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi membuat karya ilmiah yang sedang dipelajari menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi membuat karya ilmiah yang sedang dipelajari - Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi membuat karya ilmiah yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA) Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi membuat karya ilmiah mencatat semua informasi tentang materi membuat karya ilmiah yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi membuat karya ilmiah sesuai dengan pemahamannya
| Data Processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : · Saling tukar informasi tentang materi membuat karya ilmiah dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat. - Berdiskusi tentang data dari materi membuat karya ilmiah yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah informasi dari materi membuat karya ilmiah yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi membuat karya ilmiah
| KEGIATAN PENUTUP | 15 menit | Verification (pembuktian) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan : - Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : membuat karya ilmiah, antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan hasil diskusi tentang materi membuat karya ilmiah berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : membuat karya ilmiah
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi membuat karya ilmiah dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya atas presentasi tentang materi membuat karya ilmiah yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang membuat karya ilmiah
- Menjawab pertanyaan tentang membuat karya ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
- Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi membuat karya ilmiah yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi membuat karya ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
| Generalizatio (menarik kesimpulan) | CREATIVITY (KREATIVITAS) Peserta didik : - Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran membuat karya ilmiah yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran membuat karya ilmiah yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran membuat karya ilmiah.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran membuat karya ilmiah
- Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran membuat karya ilmiah kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
| CATATAN : | Selama pembelajaran membuat karya ilmiah berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
|
|
Pertemuan Ke – 5 Materi : Karya Ilmiah |
KEGIATAN PEMBELAJARAN | Waktu | Sintak Model Pembelajaran | 90 menit | KEGIATAN PENDAHULUAN | 15 menit | Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan) | Guru : Orientasi - Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi - Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu : membuat karya ilmiah
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi - Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi kebahasaan karya ilmiah
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan - Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
| Problem Statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | KEGIATAN LITERASI Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, · Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/video tentang materi kebahasaan karya ilmiah “Apa yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?” Ø lembar kerja materi kebahasaan karya ilmiah Ø pemberian contoh-contoh materi kebahasaan karya ilmiah untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb - Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi kebahasaan karya ilmiah dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan pemberian materi kebahasaan karya ilmiah oleh guru · Menyimak, penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi kebahasaan karya ilmiah, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. · Menulis Peserta didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) · Mengajukan pertanyaan tentang materi kebahasaan karya ilmiah yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya : Ø Apa yang dimaksud dengan kebahasaan karya ilmiah? Ø Terdiri dari apakah kebahasaan karya ilmiah tersebut? Ø Seperti apakah kebahasaan karya ilmiah tersebut? Ø Bagaimana kebahasaan karya ilmiah itu bekerja? Ø Apa fungsi kebahasaan karya ilmiah? Ø Bagaimanakah materi kebahasaan karya ilmiah itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan peserta didik?
| KEGIATAN INTI | 60 menit | Data Collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: - Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi kebahasaan karya ilmiah yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya - Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi kebahasaan karya ilmiah yang sedang dipelajari menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi kebahasaan karya ilmiah yang sedang dipelajari - Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi kebahasaan karya ilmiah yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA) Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi kebahasaan karya ilmiah mencatat semua informasi tentang materi kebahasaan karya ilmiah yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi kebahasaan karya ilmiah sesuai dengan pemahamannya
| Data Processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : · Saling tukar informasi tentang materi kebahasaan karya ilmiah dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat. - Berdiskusi tentang data dari materi kebahasaan karya ilmiah yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah informasi dari materi kebahasaan karya ilmiah yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi kebahasaan karya ilmiah
| KEGIATAN PENUTUP | 15 menit | Verification (pembuktian) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan : - Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : kebahasaan karya ilmiah, antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan hasil diskusi tentang materi kebahasaan karya ilmiah berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : kebahasaan karya ilmiah
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi kebahasaan karya ilmiah dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya atas presentasi tentang materi kebahasaan karya ilmiah yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang kebahasaan karya ilmiah
- Menjawab pertanyaan tentang kebahasaan karya ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
- Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi kebahasaan karya ilmiah yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi kebahasaan karya ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
| Generalizatio (menarik kesimpulan) | CREATIVITY (KREATIVITAS) Peserta didik : - Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran kebahasaan karya ilmiah yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran kebahasaan karya ilmiah yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran kebahasaan karya ilmiah.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran kebahasaan karya ilmiah
- Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran kebahasaan karya ilmiah kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
| CATATAN : | Selama pembelajaran kebahasaan karya ilmiah berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
|
|
Pertemuan Ke – 6 Materi : Karya Ilmiah |
KEGIATAN PEMBELAJARAN | Waktu | Sintak Model Pembelajaran | 90 menit | KEGIATAN PENDAHULUAN | 15 menit | Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan) | Guru : Orientasi - Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi - Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu : kebahasaan karya ilmiah
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi - Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi kalimat baku
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan - Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
| Problem Statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | KEGIATAN LITERASI Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, · Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/video tentang materi kalimat baku “Apa yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?” Ø lembar kerja materi kalimat baku Ø pemberian contoh-contoh materi kalimat baku untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb - Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi kalimat baku dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan pemberian materi kalimat baku oleh guru · Menyimak, penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi kalimat baku, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. · Menulis Peserta didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) · Mengajukan pertanyaan tentang materi kalimat baku yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya : Ø Apa yang dimaksud dengan kalimat baku? Ø Terdiri dari apakah kalimat baku tersebut? Ø Seperti apakah kalimat baku tersebut? Ø Bagaimana kalimat baku itu bekerja? Ø Apa fungsi kalimat baku? Ø Bagaimanakah materi kalimat baku itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan peserta didik?
| KEGIATAN INTI | 60 menit | Data Collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: - Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi kalimat baku yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya - Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi kalimat baku yang sedang dipelajari menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi kalimat baku yang sedang dipelajari - Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi kalimat baku yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA) Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi kalimat baku mencatat semua informasi tentang materi kalimat baku yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi kalimat baku sesuai dengan pemahamannya
| Data Processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : · Saling tukar informasi tentang materi kalimat baku dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat. - Berdiskusi tentang data dari materi kalimat baku yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah informasi dari materi kalimat baku yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi kalimat baku
| KEGIATAN PENUTUP | 15 menit | Verification (pembuktian) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan : - Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : kalimat baku, antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan hasil diskusi tentang materi kalimat baku berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : kalimat baku
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi kalimat baku dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya atas presentasi tentang materi kalimat baku yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang kalimat baku
- Menjawab pertanyaan tentang kalimat baku yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
- Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi kalimat baku yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi kalimat baku yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
| Generalizatio (menarik kesimpulan) | CREATIVITY (KREATIVITAS) Peserta didik : - Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran kalimat baku yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran kalimat baku yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran kalimat baku.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran kalimat baku
- Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran kalimat baku kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
| CATATAN : | Selama pembelajaran kalimat baku berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
|
|
Pertemuan Ke – 7 Materi : Karya Ilmiah |
KEGIATAN PEMBELAJARAN | Waktu | Sintak Model Pembelajaran | 90 menit | KEGIATAN PENDAHULUAN | 15 menit | Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan) | Guru : Orientasi - Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi - Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu : kalimat baku
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi - Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul)
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan - Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
| Problem Statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | KEGIATAN LITERASI Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, · Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/video tentang materi penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) “Apa yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?” Ø lembar kerja materi penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) Ø pemberian contoh-contoh materi penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb - Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan pemberian materi penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) oleh guru · Menyimak, penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) , untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. · Menulis Peserta didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi) CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) · Mengajukan pertanyaan tentang materi penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya : Ø Apa yang dimaksud dengan penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) ? Ø Terdiri dari apakah penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) tersebut? Ø Seperti apakah penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) tersebut? Ø Bagaimana penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) itu bekerja? Ø Apa fungsi penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) ? Ø Bagaimanakah materi penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan peserta didik?
| KEGIATAN INTI | 60 menit | Data Collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: - Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya - Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) yang sedang dipelajari menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) yang sedang dipelajari - Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA) Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) mencatat semua informasi tentang materi penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) sesuai dengan pemahamannya
| Data Processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : · Saling tukar informasi tentang materi penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat. - Berdiskusi tentang data dari materi penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah informasi dari materi penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul)
| KEGIATAN PENUTUP | 15 menit | Verification (pembuktian) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan : - Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) , antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan hasil diskusi tentang materi penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul)
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya atas presentasi tentang materi penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul)
- Menjawab pertanyaan tentang penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
- Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
| Generalizatio (menarik kesimpulan) | CREATIVITY (KREATIVITAS) Peserta didik : - Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) .
- Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul)
- Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
| CATATAN : | Selama pembelajaran penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
|
|
Pertemuan Ke – 8 Materi : Karya Ilmiah |
KEGIATAN PEMBELAJARAN | Waktu | Sintak Model Pembelajaran | 90 menit | KEGIATAN PENDAHULUAN | 15 menit | Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan) | Guru : Orientasi - Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi - Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu : penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul)
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi - Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi menyusun karya ilmiah.
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan - Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
| Problem Statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | KEGIATAN LITERASI Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, · Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/video tentang materi menyusun karya ilmiah. “Apa yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?” Ø lembar kerja materi menyusun karya ilmiah. Ø pemberian contoh-contoh materi menyusun karya ilmiah. untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb - Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi menyusun karya ilmiah. dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan pemberian materi menyusun karya ilmiah. oleh guru · Menyimak, penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi menyusun karya ilmiah., untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. · Menulis Peserta didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) · Mengajukan pertanyaan tentang materi menyusun karya ilmiah. yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya : Ø Apa yang dimaksud dengan menyusun karya ilmiah.? Ø Terdiri dari apakah menyusun karya ilmiah. tersebut? Ø Seperti apakah menyusun karya ilmiah. tersebut? Ø Bagaimana menyusun karya ilmiah. itu bekerja? Ø Apa fungsi menyusun karya ilmiah.? Ø Bagaimanakah materi menyusun karya ilmiah. itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan peserta didik?
| KEGIATAN INTI | 60 menit | Data Collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: - Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi menyusun karya ilmiah. yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya - Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi menyusun karya ilmiah. yang sedang dipelajari menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi menyusun karya ilmiah. yang sedang dipelajari - Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi menyusun karya ilmiah. yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA) Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi menyusun karya ilmiah. mencatat semua informasi tentang materi menyusun karya ilmiah. yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi menyusun karya ilmiah. sesuai dengan pemahamannya
| Data Processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : · Saling tukar informasi tentang materi menyusun karya ilmiah. dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat. - Berdiskusi tentang data dari materi menyusun karya ilmiah. yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah informasi dari materi menyusun karya ilmiah. yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi menyusun karya ilmiah.
| KEGIATAN PENUTUP | 15 menit | Verification (pembuktian) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan : - Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : menyusun karya ilmiah., antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan hasil diskusi tentang materi menyusun karya ilmiah. berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : menyusun karya ilmiah.
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi menyusun karya ilmiah. dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya atas presentasi tentang materi menyusun karya ilmiah. yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang menyusun karya ilmiah.
- Menjawab pertanyaan tentang menyusun karya ilmiah. yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
- Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi menyusun karya ilmiah. yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi menyusun karya ilmiah. yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
| Generalizatio (menarik kesimpulan) | CREATIVITY (KREATIVITAS) Peserta didik : - Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran menyusun karya ilmiah. yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran menyusun karya ilmiah. yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran menyusun karya ilmiah..
- Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran menyusun karya ilmiah.
- Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran menyusun karya ilmiah. kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
| CATATAN : | Selama pembelajaran menyusun karya ilmiah. berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
|
|
I. Penilaian
Sikap
Jurnal
LEMBAR PENILAIAN SIKAP - JURNAL
Nama Siswa : ………………..
Kelas : ………………
No. | Hari/Tanggal | Sikap/Perilaku | Ket. |
Positif | Negatif |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kesimpulan :…………………………………………………………………………………………………………
Penilaian Sikap - Jurnal |
Nama Peserta Didik : …………...........................................…….. Kelas : …………...........................................…….. Aspek yang diamati : …………...........................................……..
No | Hari/tanggal | Kejadian | Keterangan / Tindak Lanjut | 1 |
|
|
| …. |
|
|
| Nilai jurnal menggunakan skala Sangat Baik (SB)= 100, Baik (B) = 75, Cukup (C) = 50, dan Kurang (K) = 25
|
Pengetahuan
- Tertulis Pilihan Ganda (lihat lampiran)
- Tertulis Uraian (lihat lampiran)
- Tes Lisan / Observasi terhadap Diskusi Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian Aspek Percakapan
No | Aspek yang Dinilai | Skala | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai |
25 | 50 | 75 | 100 |
1 | Intonasi |
|
|
|
|
|
|
|
2 | Pelafalan |
|
|
|
|
3 | Kelancaran |
|
|
|
|
4 | Ekspresi |
|
|
|
|
5 | Penampilan |
|
|
|
|
6 | Gestur |
|
|
|
|
- Penugasan (lihat lampiran)
Tugas Rumah
a) Peserta didik menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku peserta didik
b) Peserta didik memnta tanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas rumah dengan baik
c) Peserta didik mengumpulkan jawaban dari tugas rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian
Keterampilan
- Penilaian Unjuk Kerja
Contoh instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:
Instrumen Penilaian
No | Aspek yang Dinilai | Sangat Baik (100) | Baik (75) | Kurang Baik (50) | Tidak Baik (25) |
1 | Kesesuaian respon dengan pertanyaan |
|
|
|
|
2 | Keserasian pemilihan kata |
|
|
|
|
3 | Kesesuaian penggunaan tata bahasa |
|
|
|
|
4 | Pelafalan |
|
|
|
|
Kriteria penilaian (skor)
100 = Sangat Baik 50 = Kurang Baik
75 = Baik 25 = Tidak Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)
Instrumen Penilaian Diskusi
No | Aspek yang Dinilai | 100 | 75 | 50 | 25 |
1 | Penguasaan materi diskusi |
|
|
|
|
2 | Kemampuan menjawab pertanyaan |
|
|
|
|
3 | Kemampuan mengolah kata |
|
|
|
|
4 | Kemampuan menyelesaikan masalah |
|
|
|
|
Keterangan :
100 = Sangat Baik 50 = Kurang Baik
75 = Baik 25 = Tidak Baik
- Penilaian Proyek (lihat lampiran)
Membuat denah sekolah, jadwal kegiatan sekolah, dll
- Penilaian Produk (lihat lampiran)
- Penilaian Portofolio
Kumpulan semua tugas yang sudah dikerjakan peserta didik, seperti catatan, PR, dll
Instrumen Penilain
No | Aspek yang Dinilai | 100 | 75 | 50 | 25 |
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
Mengetahui, ………., …………
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
……………. ………….
UNDUH FILE WORD RPP KARYA ILMIAH KLIK https://drive.google.com/open?id=1__BqNSZC6i2KGHFdLF1ElHvG6xHJ0RhP
loading...
0 Response to "RPP TEKS KARYA ILMIAH KELAS XI SEMESTER 2 KURIKULUM 2013 EDISI REVISI"
Posting Komentar