loading...
SOAL USBN TAHUN 2019 BAHASA INDONESIA SMA/MA KURIKULUM 2013 DAN KUNCI JAWABANDi Posting Oleh : Berita Dunia (Ibrahimdera)
Kategori : beasiswa Berita Guru Berita Kampus Berita Mahasiswa bisnis download USBN SMA
SOAL USBN TAHUN 2019 BAHASA INDONESIA SMA/MA KURIKULUM 2013
1. Bacalah teks Berikut.
Konferensi Danau Nusantara yang digelar di Gorontalo … menghasilkan Deklarasi Limboto. Deklarasi ini ditandatangani oleh sejumlah Kepala daerah di Indonesia yang memiliki danau di wilayah administrasinya. Salah satu isi deklarasi adalah kesepakatan membentuk forum daerah peduli danau nusantara, menyususn program strategis Bersama, serta mendorong adanya regulasi pengelolaan danau berkelanjutan.
Kalimat pertanyaan yang tepat sesuai isi paragraf adalah….
A. Apakah tujuan Deklarasi Limboto?
B. Mengapa konferensi Danau Nusantara diadakan di Gorontalo?
C. Apakah tujuan diadakan Konferensi Danau Nusantara?
D. Apakah hasil dari Konferensi Danau Nusantara?
E. Bagaimanakah pengelolaan danau di Indonesia ?
A. percobaan
B. pengaturan
C. persetujuan
D. pengabsahan
E. pengamatan
3. Cermati teks berikut
Gafi : Selamat sore, Bu Nita. Bu Nita : Sore, silakah masuk, ayo duduk di dalam saja. Ada apa Gafi ke sini? Ada yang bisa Ibu bantu? Gafi : Maksud saya ke sini mau menawarkan tas rajutan karya Ibu saya. Ini saya bawa contohnya empat warna. Bu Nita : Bagus sekali bahan, model, dan warnanya. Berapa harganya, Gafi? Gafi : Tidak mahal, hanya Rp250.000,00. Tas ini bisa untuk tas kerja, situasi santai, atau untuk mahasiswa. Bu Nita : Bisa kurang, Gafi? Bagaimana kalau Rp225.000,00 biar nanti Ibu jual Rp250.000,00. Kalau lebih dari Rp250.000,00 terlalu mahal. Ibu ambil semua warna yang ada jika harganya bisa kurang Gafi : Baiklah kalau begitu, Bu. Tapi saya ambil dulu ke rumah, ya Bu. Yang saya bawa ini hanya untuk contoh. Bu Nita : Baik, Gafi. Hati-hati, tidak usah terburu-buru. Gafi : Ya, Bu Nita. Terima kasih. |
Hal yang disepakati dalam dialog tersebut adalah ….
A. banyak tas
B. jenis tas
C. warna tas
D. harga tas
E. model tas
Teks 1 | Teks 2 |
5. Bacalah teks berikut.
E. Penyajian pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang SMA.
6. Bacalah teks berikut.
Ada dua jenis tanaman mini. Pertama, tanaman mini yang bukan asli mini. Jika ditanam di tanah, ia akan tumbuh besar dan normal seperti biasa. Jika ditempatkan di pot kecil, pertumbuhannya menjadi lambat. Tanaman jenis ini misalnya tanaman palem mudang, pohon raphis, pohon asem, beringin, dan jambu kerikil. Jenis kedua, tanaman mini asli, yang aslinya memang kecil. Tanaman ini jika ditanam di tanah tidak bisa besar seperti ukuran normal. Jika ditanam di pot kecil, ia akan makin kecil, mungil, dan cantik. Tanaman ini bagus untuk tanaman hias.
Masalah yang dibahas dalam teks eksposisi tersebut adalah….
A. Permasalahan tanaman mini yang sedang trend di Indonesia.
B. Tanaman mini asli dan tanaman mini bukan asli.
C. Tanaman mini bagus ditanam di pot kecil karena akan tumbuh menjadi cantik dan mungil.
D. Tanaman mini biasa digunakan menjadi tanaman hias.
E. Jenis-jenis tanaman mni dan deskripsinya.
7. Cermatilah teks Berikut.
Upacara adat tradisional Grebek yang diadakan setahun sekali, yakni pada Lebaran atau Lebaran hari kedua, berlangsung sekitar 40 menit, sejak pukul 09.50 WIB hingga pukul 10.30 WIB. Berbagai uborampe (barang) dan udik-udik (sesaji), berupa jenis sayuran, buah-buahan
dan makanan tradisional yang ditata dan disusun seperti bentuk gunung, dikirab oleh para
prajurit abdi dalem Kraton Yogyakarta dengan rute dari dalam kraton (Pagelaran).
Teks di atas menjelaskan hal-hal berikut, kecuali ....
A. macam-macam kegiatan
B. nama kegiatan
C. pelaku kegiatan
D. manfaat kegiatan
E. proses pelaksanaan kegiatan
8. Bacalah teks berikut.
Pembentukan tajuk merupakan pertumbuhan selanjutnya. Tajuk terdiri atas batang dengan daun-daunnya. Tajuk berkembang dari plumula atau kuncup pertama. Plumula terdiri atas batang (epikotil), satu atau dua calon daun (primordia daun), dan meristem apikal. Sumbu embrio tumbuh memanjang berdiferensiasi menjadi buku-buku dan ruas-ruas. Lambat laun primordia kuncup akan dibentuk di ketiak-ketiak daun.
Pernyataan evaluatif terkait dengan teks tersebut adalah ….
A. teks tersebut sangat rinci dalam menjelaskan perkembangan tajuk
B. tajuk merupakan pembahasan utama dalam teks tersebut
C. pembahasan tentang tajuk ada dalam pelajaran biologi
D. perlu ada penjelasan lain tentang tajuk, misalnya melalui buku
E. kurang ada penjelasan tambahan tentang struktur tajuk
9. Bacalah penggalan hikayat di bawah ini dengan cermat!
Maka pada suatu hari baginda pun sedang ramai dihadap oleh segala raja-raja sekalian, maka Si Miskin itu pun datanglah di hadapan Baginda itu. Setelah dilihat banyak orang itu akan Si Miskin itu datang dua laki istri dengan rupa kainnya seperti dimamah anjing rupanya, maka orang banyak itu pun ramailah ia tertawa serta mengambil kayu dan batu, habislah bengkak-bengkak, ada yang berdarah, segala tubuhnya itu berlumuranlah dengan darah, maka orang pun gemparlah.
Isi penggalan hikayat tersebut adalah…
A. Mengungkapkan orang miskin yang tidak tahu sopan santun.
B. Menceritakan raja-raja yang sedang rapat.
C. Menceritakan orang miskin yang diperlakukan semena-mena.
D. Menceritakan orang miskin yang sedang menghadap raja.
E. Menggambarkan penyiksaan orang miskin yang tidak tahu tata karma.
Isi penggalan hikayat tersebut adalah…
A. Mengungkapkan orang miskin yang tidak tahu sopan santun.
B. Menceritakan raja-raja yang sedang rapat.
C. Menceritakan orang miskin yang diperlakukan semena-mena.
D. Menceritakan orang miskin yang sedang menghadap raja.
E. Menggambarkan penyiksaan orang miskin yang tidak tahu tata karma.
10. Cermati puisi berikut!
Sajak Rajawali
Satu sangkar dari besi
Tak bisa mengubah Rajawali
Menjadi burung nuri
Satu luka perasaan
Maki puji dan hinaan
Tak merubah sang jagoan
Menjadi makhluk picisan
….
W.S. Rendra
Makna lambang “rajawali” dalam puisi tersebut adalah….
A. Yang mempunyai kemauan
B. Makhluk yang sangat liar
C. Sejenis burung yang bermata tajam
D. Binatang langka yang dilindungi
E. Sosok pembela yang tangguh
11. Cermati kutipan cerpen berikut untuk soal nomor 16-17!
Menurut ibu yang didengarnya dari ayah, sebab terjadinya penikaman terhadap Opzichter Belanda itu karena Opzichter itu selalu mengganggu istri-istri mereka. Dan rupanya kuli kontrak itu sudah gelap matanya, tidak lagi dapat menahan hati melihat Opzichter itu mengganggu istri-istri mereka. Lalu mereka memutuskan untuk beramai-ramai menyerang mereka. (Kuli Kontrak, Mochtar Lubis)
Konflik dalam kutipan di atas adalah….
A. Rasa benci istri kuli-kuli kontrak terhadap Opzichter yang kurang ajar.
B. Opzichter merasa marah karena istri kuli-kuli kontrak tidak patuh padanya.
C. Rasa marah (gelap mata) kuli-kuli kontrak terhadap Opzichter
D. Rasa tertekan perasaan istri kuli-kuli kontrak terhadap suami mereka.
E. Opzichter merasa terhina karena istri-istri kuli kontrak menolaknya.
12. Bacalah penggalan cerpen berikut dengan saksama!
”Pak, pohon pepaya di pekaranganku telah dirobohkan dengan tak semena-mena. Tidaklah sepatutnya hal itu kulaporkan?”
”Itu benar, tapi jangan melebih-lebihkan. Ingat, yang harus diutamakan ialah kerukunan kampung. Soal kecil yang dibesar-besarkan bisa mengakibatkan kericuhan dalam kampung. Setiap soal mesti diselesaikan dengan sebaik-baiknya. Tidak boleh main seruduk. Masih ingatkah kau pada peristiwa Dullah dan Bidin tempo hari? Hanya karena soal dua kilo beras, seorang kehilangan nyawa dan yang lain meringkuk di penjara.”
(Gerhana, Muhammad Ali)
”Pak, pohon pepaya di pekaranganku telah dirobohkan dengan tak semena-mena. Tidaklah sepatutnya hal itu kulaporkan?”
”Itu benar, tapi jangan melebih-lebihkan. Ingat, yang harus diutamakan ialah kerukunan kampung. Soal kecil yang dibesar-besarkan bisa mengakibatkan kericuhan dalam kampung. Setiap soal mesti diselesaikan dengan sebaik-baiknya. Tidak boleh main seruduk. Masih ingatkah kau pada peristiwa Dullah dan Bidin tempo hari? Hanya karena soal dua kilo beras, seorang kehilangan nyawa dan yang lain meringkuk di penjara.”
(Gerhana, Muhammad Ali)
Nilai moral dalam penggalan cerpen di atas adalah…
A. Orang yang menebang pohon milik orang lain harus dilaporkan kepada lurah.
B. Orang yang menebang pohon milik orang lain dapat dimasukkan ke penjara.
C. Kerukunan kampung dapat terganggu karena penebangan pohon pepaya.
D. Persoalan kecil yang dibesar-besarkan akan berakibat fatal.
E. Dua kilo beras telah menyebabkan dua orang bertikai.
13. Cermati paragraf berikut!
Pantun 1 | Pantun 2 |
Mari kita ke pasar bunga beli bunga harganya murah Jika dinasihati ayah dan bunda Janganlah kesal jangan menyanggah | Laju laju perahu laju laju sampai ke Surabaya Jika rajin menuntut ilmu kelak hidupmu akan sejahtera |
Perbedaan isi kedua bait pantun tersebut adalah ….
Pantun 1 | Pantun 2 | |
A. | nasihat agar menuruti nasihat orang tua | nasihat agar rajin belajar |
B. | menganjurkan mencintai tanaman | menginginkan hidup sejahtera |
C. | menginformasikan harga bunga | meraih kesuksesan hidup di dunia |
D. | cara mendengarkan nasihat orang tua | cara menuntut ilmu pengetahuan |
E. | menjelaskan sifat-sifat buruk | menjelaskan cara meraih kesejahteraan |
14. Cermati kutipan cerpen berikut!
Pada suatau hari Permaisuri di kerajaan Pulau Mintin menoinggal dunia. Sejak saat itu Raja menjadi sedih dan selalu murung. Keadaan ini membuatnya tidak dapat memerintah dengan baik. Pada saat yang sama , keadaan kesehatan raja pun makin menurun. Kemudian, raja pun berniat untuk berlayar guna menghibur hatinya. Sementara raja pergi, tentu saja ad yang menjalankan pemerintahan. Raja menyerahkan tahtanya kepada kedua anaknya.
Keterkaitan peristiwa dalam kutipan cerita rakyaht tersebut dengan kehidupan sehari-hari adalah….
A. Kematian seseorang mentebabakan perebutan harta warisan.
B. Kematian membuat seseorang membenci bahagia.
C. Kematian seseorang harus segera dilupakan dengan berwisata.
D. Kematian seseorang meyebabakan orang yang ditingggalkan kecewa.
E. Kematian orang yang disayang meninggalkan duka yang mendalam
15. Cermati kutipan novel berikut!
Ya Tuhan. Anakku polio? L-u-m-p-u-h? Seperti petir kata-kata dokter itu menyambar telingaku. Kali ini dokter menatapku dengan iba. Dia menyatakan bahwa anakku, Nike, juga terkena leukimia. Keterbatasan persediaan obat dan tenaga medis di desa terpencil itu makin memperburuk keadaan. Ketika kembali ke sisi Nike, senja itu, aku sudah merasa waktunya hampir tiba. Perpisahan sudah di depan mata. Kemudian, Nike akhirnya meninggal walaupun belum melihat ayahnya. Tangisan pun menggelegar. Irwan baru bisa datang setelah dia meninggal. Kemudian, Irwan dinyatakan gagal menjadi dokter dan ditarik kembali ke kota. Di sana dia tidak boleh menjadi dokter sehingga mencari pekerjaan lain, yaitu berdagang dan Wita menjadi guru bahasa Inggris. Akhirnya, aku dan Mas Irwan mengangkat anak bernama Nita. Sesungguhnya, matahari hidup kami memang masih di batas cakrawala. Tapi, bukan matahari yang hampir terbenam. Melainkan fajar yang hampir menyingsing. (Matahari di Batas Cakrawala, Mira W.) |
Kalimat komentar yang menyatakan kelemahan sesuai isi kutipan tersebut adalah …
A. Amanat dalam cerita disampaikan terlalu gamblang oleh pengarang.
B. Tidak terdapat keterpaduan antara latar suasana, waktu, dan tempat.
C. Tokoh dalam cerita kurang terfokus sehingga alur cerita tidak begitu jelas.
D. Pendeskripsian watak tokoh dalam kutipan cerita kurang tergambar.
E. Sajian permasalahan yang menimpa tokoh terlalu berlebihan.
16. Cermatilah teks berikut.
Pemerintah telah melakukan operasi harga sembako di pasar …, para pedagang tetap mematok harga yang tinggi pada pembeli. Seharusnya para penjual menaati kebijakan pemerintah. .., mereka cenderung melanggar kebijakan tersebut. Pemerintah akan menindaklanjuti pelanggaran tersebut. …, pemerintah memiliki banyak kendala.
Kata penghubung antarkalimat yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang adalah….
A. namun, serta, apabila
B. namun, sebaliknya, akan tetapi
C. meskipun, sebaliknya, akan tetapi
D. namun, sebaliknya, apabila
E. sebab, serta, akan tetapi
17. Cermatilah teks berikut.
Kentang sangat baik dikonsumsi oleh orang yang sedang melaksanakan program diet. Namun, jenis kentang sangatlah bervariasi di pasaran. Oeh karena itu, kita harus pintar memilih mana kentang yang bermutu dan kentang yang kurang baik. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah warna kulit kentang. .... jangan memilih kentang yang berwarna kuning kehijauan. Kemudian usahakan membeli kentang yang tidak banyak lubang pada permukaan kulitnya. Karena kentang yang tidak banyak lubangnya atau licin lebih bagus daripada kentang yang banyak lubangnya.
Kalimat yang sesuai untuk melengkapi paragraf eksposisi yang rumpang tersebut adalah ...
Kalimat yang sesuai untuk melengkapi paragraf eksposisi yang rumpang tersebut adalah ...
A. Pilihlah kentang yang berukuran besar.
B. Belilah kentang di swalayan, jangan di pasar tradisional.
C. Kerupuk kentang sangat digemari anak-anak.
D. Warna kentang sangat menarik dan bervariasi
E. Pilihlah kentang yang warnanya kuning kecoklatan.
18. Cermatilah kalimat berikut!
Kalimat pendapat : Sekolah terus berupaya meningkatkan hasil belajar siswa dalam ujian nasional tahun ini.
Kalimat argumen:
(1) Meningkatkan prestasi siswa merupakan tugas guru dan sekolah.
(2) Guru melatih siswa dengan mengerjakan soal-soal untuk menghadapi ujian.
(3) Siswa seharusnya memanfaatkan waktu luangnya untuk belajar.
(4) Sekolah mengadakan beberapa kali ujicoba ujian nasional agar siswa terlatih menjawab soal.
(5) Peran orang tua sangat penting dalan memotivasi siswa.
Kalimat argumen yang mendukung kalimat pendapat tersebut adalah . . .
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (4)
D. (3) dan (5)
E. (4) dan (5)
19. Cermati urutan kalimat berikut
(1) Hal itu diungkapkan agar tidak ada lagi tanaman padi yang terkena puso dan rusak karena kekeringan. (2) Bupati Bandung meminta petani tidak lagi menanam padi pada musim kemarau depan. (3) Oleh karena itu, melalui Dinas Pertanian, Kehutanan, dan Perkebunan pihaknya akan terus melakukan penyuluhan dan sosialisasi kepada penduduk. (4) Akan tetapi, masih ada saja petani yang membandel tetap menanam padi. (5) Akibatnya, banyak tanaman padi yang terkena puso. |
Urutan kalimat tersebut agar menjadi paragraf padu adalah ….
A. (1), (2), (4), (5), dan (3)
B. (2), (1), (4), (5), dan (3)
C. (3), (2), (1), (5), dan (4)
D. (3), (5), (2), (1), dan (4)
E. (5), (2), (3), (1), dan (4)
20. Bacalah teks berikut.
Kentang sangat baik dikonsumsi oleh orang yang sedang melaksanakan program diet. Namun, jenis kentang sangatlah bervariasi di pasaran. Oeh karena itu, kita harus pintar memilih mana kentang yang bermutu dan kentang yang kurang baik. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah warna kulit kentang. .... jangan memilih kentang yang berwarna kuning kehijauan. Kemudian usahakan membeli kentang yang tidak banyak lubang pada permukaan kulitnya. Karena kentang yang tidak banyak lubangnya atau licin lebih bagus daripada kentang yang banyak lubangnya.
Kalimat yang sesuai untuk melengkapi paragraf eksposisi yang rumpang tersebut adalah ...
Kalimat yang sesuai untuk melengkapi paragraf eksposisi yang rumpang tersebut adalah ...
A. Pilihlah kentang yang berukuran besar.
B. Belilah kentang di swalayan, jangan di pasar tradisional.
C. Kerupuk kentang sangat digemari anak-anak.
D. Warna kentang sangat menarik dan bervariasi
E. Pilihlah kentang yang warnanya kuning kecoklatan.
21. Cermati deretan kalimat berikut!
(1) Banyak teman saya yang tidak bisa membuat atau menyusun pantun. (2) Bagaimana cara menyusun pantun itu sebenarnya. (3) Menyusun pantun itu sangat mudah asal tau syarat-syarat penyusunannya. (4) Buatlah sampiran pada larik pertama dan larik kedua. (5) Kemudian, buat isi pada larik ketiga dan larik keempat. (6) Isi pantun itu antara lain: nasihat, sindiran, teka-teki, dan jenaka. |
Konjungsi pada kalimat yang bercetak miring dapat divariasikan dengan konjungsi ….
A. maka
B. ketika
C. sebelum itu
D. setelah itu
E. ketika itu
22. Cermati kutipan puisi berikut!
BATU
Batu mawar
Batu langit
Batu duka
Batu rindu
Batu jarum
Batu bisu
kaukah itu
Teka
Teki
Yang tak menepati janji?
Dengan seribu gunung langit tak runtuh
…
Makna kata batu pada puisi di atas menggambarkan….
A. ketegaran
B. kesombongan
C. kebebasan
D. kecemasan
E. keikhlasan
23. Cermati kalimat berikut.
Akibat tidak ada yang membeli barang dagangannya, pengusaha itu ….
Penggunaan ungkapan yang tepat untuk mengisi kalimat di atas adalah ....
A. banting tulang
B. gulung tikar
C. panjang tangan
D. tebal muka
E. angkat tangan
24. Cermati paragraf rumpang berikut ini!
Kesuksesan di dunia bersifat semu (…) sementara. Sekaya apapun kita, setinggi apapun jabatan kita, semua tidak akan membantu (…) ajal menjemput. Hanya amalan-amalan kita di dunia lah yang menjadi penolong kita saat menjalani kehidupan yang kekal di akhirat nanti. Barang siapa yang terhindar dan selamat dari api neraka dan dimasukkan ke dalam surga (…) ia telah mendapatkan kemenangan (…) kesuksesan yang sebenarnya.
Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah….
A. tetapi, meskipun, maka, atau
B. dan, meskipun, maka, maupun
C. atau, ketika, maka, dan
D. tetapi, ketika, meskipun, dan
E. dan, ketika, meskipun, atau
25. Cermati paragraf berikut!
Pantun 1 | Pantun 2 |
Mari kita ke pasar bunga beli bunga harganya murah Jika dinasihati ayah dan bunda Janganlah kesal jangan menyanggah | Laju laju perahu laju laju sampai ke Surabaya Jika rajin menuntut ilmu kelak hidupmu akan sejahtera |
Perbedaan isi kedua bait pantun tersebut adalah ….
Pantun 1 | Pantun 2 | |
A. | nasihat agar menuruti nasihat orang tua | nasihat agar rajin belajar |
B. | menganjurkan mencintai tanaman | menginginkan hidup sejahtera |
C. | menginformasikan harga bunga | meraih kesuksesan hidup di dunia |
D. | cara mendengarkan nasihat orang tua | cara menuntut ilmu pengetahuan |
E. | menjelaskan sifat-sifat buruk | menjelaskan cara meraih kesejahteraan |
26. Bacalah kutipan drama berikut!
Di ruang depan ada kursi goyang dan kursi tamu. Gusti Biang marah-marah terus.
Gusti Biang : “Si tua itu tak pernah kelihatan kalau sedang dibutuhkan. Pasti ia sudah berbaring di kandangnya menembang seperti orang kasmaran pura-pura tidak mendengar, padahal aku sudah berteriak, sampai leherku patah. Wayaaaaan … Wayaaaan tuaaaa….”
Wayan : “nuna sugere Gusti Biang, kedengarannya seperti ada yang berteriak.” Gusti Biang : …
Wayan : “Tentu saja Gusti Biang, itu sebabnya tiyang datang.”
Gusti Biang : “Jangan berbantah denganku. Kau sudah tua dan rabun, lubang telingamu sudah ditempati kutu busuk. Kau sudah tuli, malas, dan suka berbantah, Cuma bisa bergaul dengan si belang. Kau dengar itu kuping tuli?”
Wayan : “Betul Gusti Biang.”
Bila Malam Bertambah Malam, Putu Wijaya
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang dalam penggalan drama di atas adalah ...
A. ”Apa saja yang kau kerjakan sampai tak dengar aku memanggilmu?”
B. ”Leherku sampai putus memanggilmu. Telingamu masih kamu pakai tidak?"
C. ”Sudahlah tak perlu kau datang, bosan berteriak-teriak memanggilmu ini!”
D. ”Wayaan...Wayan...selalu saja kau tak mendengar bila aku memanggilmu!”
E. ”Kemana saja Kau Wayan, setiap kali kupanggil selalu tidak dengar!”
27. Cermati kutipan cerpen berikut!
Separuh umur ayah sudah habis untuk membantu setiap kenduri di kampung ini. ”Bagaimana kalau tanggung jawab itu dibebankan pada yang lebih muda?” Saran Azrial, putra sulung Makaji sewaktu ia pulang kampung enam bulan lalu.
”Mungkin sudah saatnya ayah berhenti.”
”Belum! Akan ayah pikul beban ini hingga tangan ayah tak lincah lagi meracik bumbu,” balas Makaji.
Konversi naskah drama yang sesuai dengan kutipan cerita tersebut adalah ...
A. Makaji : ”Separuh umur ayah sudah habis untuk membantu setiap kenduri, bagaimana kalau tanggung jawab itu dibebankan kepada yang lebih muda?”
Azrial : ”Belum! Akan ayah pikul beban ini hingga tangan ayah tak lincah lagi meracik bumbu”
B. Azrial : ”Separuh umur Ayah sudah habis untuk membantu setiap kenduri di kampung ini, bagaimana kalau Ayah berhenti?”
Ayah : ”Belum! Akan ayah pikul beban ini selama ayah kuat meracik bumbu.”
C. Azrial : ”Separuh umur Ayah sudah habis untuk membantu setiap kenduri di kampung ini? Mungkin sudah saatnya Ayah berhenti.”
Ayah : ”Belum! Akan ayah terima beban ini hingga tangan ayah tak bisa lagi meracik bumbu”
D. Azrial : ”Separuh umur Ayah sudah habis untuk membantu setiap kenduri di kampung ini, bagaimana kalau tanggung jawab itu dibebankan kepada yang lebih muda? Mungkin sudah saatnya Ayah berhenti.”
Makaji : ”Belum! Akan saya pikul beban ini hingga tangan ayah tak lagi lincah meracik bumbu.”
E. Azrial : (enam bulan lalu, ketika pulang kampung) ”Sudah saatnya Ayah berhenti membantu kenduri di kampung ini.”
Makaji : ”Belum! Akan ayah pikul beban ini hingga tangan ayah tak bisa lagi meracik bumbu.
28. Bacalah penggalan karya ilmiah berikut ini!
Pengobatan tradisional menggunakan tanaman obat keluarga (toga) telah menjadi tradisi. Penduduk Desa Sisir lebih memilih menggunakan toga daripada obat-obatan modern. Tidak hanya untuk pengobatan, beberapa toga seperti daun katuk, daun dan umbi lengkuas juga diolah sebagai sayur untuk dikonsumsi sehari-hari. Cara pengobatan dan pola makanan yang banyak menggunakan toga ini menyebabkan tubuh lebih tahan terhadap penyakit.
Berdasarkan isi dan cara penyajiannya, penggalan karya ilmiah di atas termasuk ke dalam bagian ...
A. latar belakang
B. tujuan pembahasan
C. metode penelitian
D. pembahasan
E. kesimpulan
29. Bacalah kalimat-kalimat berikut
(1) Kayu ramin diimpor oleh pedagang-pedagang Singapura dan Kalimantan Barat.
(2) Di sana diolah menjadi perabot rumah tangga
(3) Tentu saja harga sudah tujuh atau delapan kali lipat harga di Kalimantan Barat.
(4) Kemudian dikirim ke Jakarta, dan terkenal sebagai kayu jati Singapura.
Susunan kalimat tepat adalah ....
A. (2) – (3) – (1) – (4)
B. (1) – (2) – (4) – (3)
C. (3) – (2) – (1) – (4)
D. (1) – (2) – (3) – (4)
E. (1) – (3) – (4) – (2)
(Kedua cuplikan cerita berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 30‑31)
Cuplikan I
Sekarang ini yang jadi buah bibir adalah Diandra. Hari-hari di sekolah ini tiada kata tanpa
Diandra. Hari-hari tiada bicara tanpa Diandra. Begitu juga dengan sohib gue, Raya danYus yang setiap hari nyaris ngomongin cewek bernama Diandra melulu.
“Sungguh luar binasa!” teriak Yus yang mukanya agak tirus, “Sulit untuk membandingkan
kecantikan Diandra dengan bintang sinetron atau foto model sekalipun!”
“Eh, Gibran! Lo jangan sok alim!” senggol Raya yang punya body gede.
Cuplikan II
Somad tipe cowok murahan, itu kata temannya tanpa tedeng aling‑aling. Habis, cowok itu
kerjanya nggak lain nggak bukan, cuka promosiin diri di depan gadis-gadis sekitarnya. Promosi diri sendiri terus… ke mana-mana. Nggak cuma sama teman-teman sekolahnya, tapi juga sama anak-anak cewek sekitar rumah, masjid, warteg… nggak pilih tempat, nggak pandang bulu.
“Gue orangnya nggak som‑som, lho….”
“?”
“Maksudnya nggak doyan somay kalo dikit! Hehe.”
30. Persamaan kedua cuplikan cerita di atas adalah ....
A. tokoh berwatak humoris
B. berlatar sekolah
C. bertema percintaan
D. sudut pandang orang pertama
E. berbahasa Indonesia yang baik dan benar
31. Perbedaan yang tampak pada cuplikan di atas ....
A. cuplikan I menggunakan sudut pandang orang pertama pelaku utama, cuplikan II
menggunakan sudut pandang orang pertama pelaku sampingan
B. cuplikan I menggunakan sudut pandang orang pertama pelaku sampingan, cuplikan II
menggunakan sudut pandang orang ketiga serba tahu
C. cuplikan I menggunakan sudut pandang orang pertama pelaku sampingan, cuplikan II
menggunakan sudut pandang orang ketiga sebagai pengamat
D. cuplikan I menggunakan sudut pandang orang ketiga serba tahu, cuplikan II menggunakan
sudut pandang orang pertama pelaku utama
E. cuplikan I mengunakan sudut pandang orang pertama pelaku sampingan, cuplikan II
menggunakan sudut pandang orang pertama pelakau utama
32. Perhatikan kutipan teks berikut.
Prasangka baik saya, bukannya mereka tidak memahami akan perlunya ketertiban berbahasa
di lingkungan sekolah. Saya berkeyakinan bahwa doktrin tentang “berbahasa Indonesialah
yang baik dan benar” telah mereka peroleh jauh-jauh sebelumnya, sejak SLTP atau bahkan
sejak mereka SD. Saya melihat ketidakberesan mereka berbahasa, antara lain, disebabkan oleh kekurangwibawaan bahasa Indonesia itu sendiri di mata mereka.
Teks tersebut digolongkan ke dalam jenis eksposisi karena ....
A. menceritakan proses terjadinya cara berbahasa siswa
B. menjelaskan ihwal terjadinya kekurangwibawaan berbahasa
C. menggambarkan keadaan kemampuan berbahasa siswa
D. meyakinkan pembaca tentang perlunya berbahasa baik dan benar
E. mendorong pembaca untuk selalu mencintai bahasa Indonesia
33. Perhatikan kutipan teks berikut.
Pada suatu ketika mereka mampir ke sebuah restoran. Ketika memesan makanan, mereka
bingung dengan menu-menu makanan yang disediakan. Mereka pun tidak bisa berbahasa
Inggris dengan baik.
Bagian itu disebut sebagai orientasi anekdot karena ....
A. mengarahkan pada terjadinya krisis
B. bertokohkan antagonis
C. menjadi unsur konflik utama
D. mengandung kelucuan
E. tidak beralur maju
34. Perhatikan kutipan teks berikut.
(1) Peneliti Badan Tenaga Nuklir Nasional memanfaatkan radiasi sinar gama di fasilitas iradiator untuk membuat materi genetik sorgum bermutasi. (2) Hasilnya, sorgum cocok ditanam di lahan yang kering sekaligus menjadi sumber pangan dan energi. (3) Ia menanam sorgum di lahan-lahan kering NTB dan NTT dan hasilnya positif. ( 4) Harga sorgum lebih murah daripada harga padi. (5) Ia menghasilkan kwalitas unggul sorgum bernama Pahat.
Kalimat yang menggunakan kata tidak baku terdapat pada nomor….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
35. Perhatikan kutipan teks berikut.
Teks 1
Kita tidak pernah berpikir tentang berapa banyak racun yang kita kumpulkan dari udara tercemar dan makanan yang sudah diproses secara kimiawi. Lebih dari 90% orang tidak menyadari bahwa banyak substansi kimiawi berukuran mikroskopik, logam berat, dan racun memengaruhi tubuh mereka setiap hari. Kita tidak dapat melihat semua substansi berbahaya tersebut, tetapi mereka benar-benar menyerang tubuh kita.
Bagaimana cara mengetahui hal-hal tersebut benar memengaruhi tubuh kita (tanpa menggunakan mikroskop)? Cara terbaik adalah melakukan tes urin menggunakan ubi bit (beetroot). Apakah urin Anda berwarna merah setelah minum jus ubi bit? Jika ya, Anda mungkin merasa khawatir karena itu berarti bahwa Anda mungkin memiliki kebocoran saluran pencernaan.
Teks 2
Sebuah video menghebohkan para netizen. Video yang diunggah Wisa Rahardi per tanggal 20 Januari 2016 itu menjadi buah bibir di dunia maya.
Dalam video berdurasi 8 menit 23 detik itu, terlihat seorang pria berpakaian ala Ustaz terlihat sedang menggandakan uang. Namun anehnya, ia mengeluarkan uang pecahan Rp50 ribu rupiah dari kantong plastik, dan tidak habis-habis!
Si Ustaz hanya terlihat mengaduk-aduk kantong plastik itu dengan tangannya dan terus mengeluarkan helai demi helai uang tanpa henti. Sementara di sekelilingnya terlihat beberapa pria dan seorang wanita dengan baju tank top, menghitung uang yang berhasil dikeluarkan.
Tidak ada keterangan lebih lanjut dari video ini. Namun akun pengunggahnya menuliskan informasi bahwa video ini nyata dan bukan rekayasa.
Perbedaan penggunaan bahasa kedua teks tersebut adalah ....
Teks 1 | Teks 2 | |
A | menggunakan kosakata asli bahasa Indonesia | menggunakan kosakata bahasa asing |
B | menggunakan bahasa resmi | menggunakan bahasa santai |
C | menggunakan bahasa bidang ilmu | menggunakan bahasa sehari-hari |
D | menggunakan perumpamaan | menggunakan bahasa lugas |
E | menggunakan bahasa lugas | menggunakan bahasa santai |
36. Cermati paragraf berikut!
Generasi muda Indonesia sangat mengagumkan, baik dalam hal akademik maupun nonakademik. Lihatlah kiprah mereka dalam berbagai lomba keilmuan, olahraga, atau seni. Prestasi yang ditorehkan beberapa pelajar-pelajar Indonesia dalam ajang lomba-lomba internasional itu sungguh sangat membanggakan sekali.
Perbaikan kalimat yang bercetak miring agar menjadi kalimat yang efektif adalah …
A. Prestasi yang ditorehkan beberapa pelajar Indonesia dalam ajang lomba-lomba internasional sungguh sangat membanggakan sekali.
B. Prestasi yang ditorehkan beberapa pelajar Indonesia dalam ajang lomba-lomba internasional sungguh membanggakan.
C. Prestasi yang ditorehkan pelajar-pelajar Indonesia dalam ajang lomba internasional sangat membanggakan sekali.
D. Prestasi yang ditorehkan pelajar-pelajar Indonesia dalam berbagai lomba-lomba internasional sangat membanggakan sekali.
E. Prestasi yang ditorehkan beberapa pelajar Indonesia dalam ajang lomba internasional sungguh teramat membanggakan.
37. Cermati kalimat berikut!
Untuk sukses dalam usaha perikanan, ia tekun membaca buku yang berjudul cara merawat ikan patin dan ikan bandeng di air payau.
Penulisan judul buku yang sesuai dengan ejaan yang berlaku adalah ....
A. Cara merawat ikan patin dan ikan bandeng di air payau
B. Cara merawat Ikan patin dan Ikan Bandeng di air payau
C. Cara Merawat Ikan Patin Dan Ikan Bandeng Di Air Payau
D. Cara merawat Ikan Patin Dan Ikan Bandeng di Air Payau
E. Cara Merawat Ikan Patin dan Ikan Bandeng di Air Payau
38. Bacalah paragraf di bawah ini dengan cermat!
Tepi danau itu bersih, tampak tak ada sampah yang berhamburan. Tempat sampah disediakan sedemikian rupa sehingga terjangkau. Perahu yang disediakan memadai untuk melayani wisatawan domestik setiap pengunjung. Pengunjung diharuskan mematuhi aturan kawasan wisata. Jika pengunjung melanggar aturan akan ditegur dengan penuh kearifan. Tempat parkir disediakan cukup luas. Pengunjung yang membawa kendaraan harus ditempat yang disediakan.
Kalimat yang efektif untuk memperbaiki kalimat bercetak miring dalam paragraf tersebut adalah....
A. Kendaraan harus diparkirkan oleh pengunjung sendiri di tempat yang disediakan.
B. Setiap pengunjung boleh membawa kendaraan sendiri dan diparkir sendiri.
C. Tempat pengunjung parkir yang tersedia sangat memadai dan diparkir disitu.
D. Pengunjung memarkir kendaraannya dengan parkir yang tersedia di tempatnya.
E. Pengunjung memarkir kendaraannya secara teratur di tempat yang telah disediakan.
39. Cermati paragraf berikut!
Dulu waktu di SMA dia dikenal pendiam. Akan tetapi, sekarang dia malah menjadi aktif kampus di perguruan tinggi tempat dia berkuliah. Karena itu, dia dikenal di kalangan mahasiswa dan dosen. |
Perbaikan yang tepat untuk istilah yang bercetak miring pada paragraf tersebut adalah ….
A. aktivitas
B. aktivis
C. aktivisme
D. aktifitas
E. aktifis
40. Cermati paragraf berikut!
(1) Sekolah menyenangkan adalah sekolah yang memberikan pembelajaran bermakna, bermanfaat, dan relevan dengan kehidupan siswa. (2) Akan tetapi, sekolah tersebut tidak terlepas dari tantangan para guru dan siswa dalam banyak hal. (3) Guru dituntut belajar dan mengembangkan wawasannya. (4) Banyak cara membuat orang kagum terhadap sekolah. (5) Karya-karya guru dan siswa tersebut sebagai salah satu wujud keberhasilan dalam prestasi guru dan siswa. |
Kalimat yang tepat untuk memperbaiki kalimat nomor (4) agar paragraf tersebut padu
adalah …
adalah …
A. Kebanggaan mereka terlihat apabila mereka memiliki keberhasilan.
B. Tidak sia-sia mereka menghasilkan berbagai aktivitas.
C. Orang luar akan memandang keberhasilan sekolah dari karya guru.
D. Siswa diharapkan dapat menghasilkan berbagai karya inovasi pendidikan.
E. Siswa dan guru sama-sama memiliki kreativitas.
Uraian
41. Perhatikan teks eksplanasi berikut
Kebakaran Hutan
Faktor penyebab terjadinya kebakaran hutan ada dua macam yaitu faktor alam dan faktor manusia. Kebakaran hutan yang terjadi karena faktor alam sering disebabkan oleh musim kemarau berkepanjangan, sambaran petir. dan aktifitas vulkanik yang biasanya mengeluarkan lahar dan awan panas yang dapat menyebabkan terjadinya kebakaran. Kebakaran di bawah tanah (Ground Fire) juga termasuk faktor alam karena pada daerah tanah gambut yang dapat menyulut kebakaran diatas tanah pada saat musim kemarau ketika cuaca sedang panas-panasnya.
Kebakaran hutan di Indonesia, hampir 95 persen kebakaran hutan di sebabkan oleh ulah manusia. Faktor manusia sering kali dilakukan dengan unsur kesengajaan oleh manusia seperti kelalaian membuang putung rokok, membakar hutan dalam rangka pembukaan lahan, api unggun yang lupa dimatikan atau tidak benar-benar mati saat ditinggalkan, pembakaran sampah, dan berbagai kelalaian lainnya. Kebakaran jenis ini sering terjadi di hutan-hutan di gunung-gunung yang sering dikunjungi pecinta alam (pendaki gunung) di pulau Jawa seperti kebakaran hutan digunung sindoro pada september 2015.
Berdasarkan kutipan teks tersebut, berikan penilaian Anda terhadap kelengkapan struktur teks.
42. Perhatikan ide-ide teks anekdot berikut.
a. Kakek tua yang tinggal bersama anak, menantu dan cucu 6 tahun.
b. Kebiasaan makan malam di rumah si anak. Kakek tua makannya sering berantakan.
c. Kakek tua diberi meja kecil terpisah di pojok, dengan alat makan anti pecah.
d. Cucu 6 tahun membuat replica meja terpisah.
e. Cucu 6 tahun mengungkapkan kelak akan membuat meja terpisah juga untuk ayah dan ibunya.
Berdasarkan ide-ide tersebut, susunlah sebuah teks anekdot.
43. Perhatikan ilustrasi berikut
Sore hari, Toni sedang sibuk di kamarnya.Tiba-tiba suara pintu diketuk.Ketika dibuka ternyata seorang gadis cantik ada di depannya. Dengan heran, Toni bertanya tentang siapa dan ada apa gadis itu datang ke kamarnya. Dengan nada marah gadis itu meminta pertanggungjawaban kepada Toni atas keadaan adiknya yang sedang sakit, akibat kesedihan karena perilaku Toni yang telah mengkhianati cinta adiknya.
44. Perhatikan kutipan teks prosedur berikut.
Tips Agar Tidak Iri pada orang Lain
1. Kenali diri sendiri
Hal pertama yang perlu dilakukan agar tidak membandingkan diri sendiri dengan orang lain adalah kenali diri sendiri. Jika Anda mengenal diri sendiri, ketika Anda melihat keberhasilan orang lain membuat Anda terpacu menjadi lebih baik, bukannya merasa tidak percaya diri atau sedih. Gambarkan diri Anda dalam kata-kata, seperti pintar, kuat, baik, keibuan, memiliki tujuan, dan sebagainya. Dengan mengenal dan menghargai diri sendiri membuat Anda tidak akan ingin menjadi seperti orang lain.
…………….
Berikanlah tanggapanmu berdasarkan kelengkapan struktur teks
45. Cermati kalimat berikut!
a. Dia mempunyai banyak teman, karena baik hati.
b. Presiden Indonesia menanda tangani perjanjian bilateral dengan Jepang.
Jelaskan alasan kesalahan pada kalimat tersebut dan perbaikilah sehingga sesuai dengan kaidah atau pedoman ejaan bahasa Indonesia!
KUNCI JAWABAN SOAL USBN 2019 KURIKULUM 2013
1. D
2. B
3. D
4. C
5. E
6. E
7. D
8. A
9. C
10. E
11. C
12. D
13. A
14. E
15. E
16. B
17. E
18. C
19. B
20. E
21. D
22. A
23. B
24. C
25. A
26. B
27. D
28. A
29. B
30. B
31. C
32. B
33. A
34. E
35. A
36. B
37. E
38. A
39. B
40. E
Uraian
41. Teks eksplanasi tidak tersebut hanya menguaraikan rangkaian kejadian. Seharusnya diawali dengan identifikasi fenomena, dilanjutkan rangkaian sebab, dan diakhiri ulasan
42. Teks Anekdot
Seorang kakek hidup serumah bersama anak, menantu, dan cucu berusia 6 tahun. Keluarga itu biasa makan malam bersama. Si kakek yang sudah pikun sering mengacaukan segalanya. Tangan bergetar dan mata rabunnya membuat kakek susah menyantap makanan. Sendok dan garpu kerap jatuh.
Saat si kakek meraih gelas, sering susu tumpah membasahi taplak. Anak dan menantunya menjadi gusar. Suami istri itu lalu menempatkan sebuah meja kecil di sudut ruangan, tempat sang kakek makan sendirian. Mereka memberikan mangkuk melamin yang tidak gampang pecah. Saat keluarga sibuk dengan piring masing-masing, sering terdengar ratap kesedihan dari sudut ruangan. Namun, suami-istri itu justru mengomel agar kakek tak menghamburkan makanan lagi.
Sang cucu yang baru berusia 6 tahun mengamati semua kejadian itu dalam diam.
Suatu hari si ayah memerhatikan anaknya sedang membuat replika mainan kayu.
“Sedang apa, sayang?” tanya ayah pada anaknya.
“Aku sedang membuat meja buat ayah dan ibu.
Persiapan buat ayah dan ibu bila aku besar nanti.”
Ayah anak kecil itu langsung terdiam.
Ia berjanji dalam hati, mulai hari itu, kakek akan kembali diajak makan di meja yang sama. Tak akan ada lagi omelan saat piring jatuh, makanan tumpah, atau taplak ternoda kuah.
43. Teks drama berdasarkan narasi tersebut.
Toni : (Terkejut) Oh Anda siapa ya mbak?
Gadis : Kenalkan. Aku kakaknya Dea! (dengan nada ketus)
Toni : Ooh..oh.. ya Mbak, emang ada apa mbak?
Gadis : Dea sakit!
Toni : Sakit? (kaget, dan mulai gelisah)
Gadis : Ya! (Berhenti sejenak dan memandangan dengan nanar ke Toni)
Dan itu karena ulah kamu.
Toni : Maaf Mbak, itu semua hanya salah paham!
Gadis : Nggak! Itu bukan salah paham tapi dasar kamunya yang telah tega menyakiti perasaan adikku!
44. Tanggapan terhadap teks prosedur.
Teks prosdur tersebut tidak lengkap karena tidak ada bagian tujuan dan penegasan.
45. Perbaikan kalimat dan alasan
a. Dia mempunyai banyak teman karena baik hati.
Alasan: tanda koma (,) tidak digunakan jika induk kalimat mendahului anak kalimat.
b. Presiden Indonesia menandatangani perjanjian bilateral dengan Jepang.
Alasan: kata gabung yang mendapatkan awalan dan akhiran ditulis serangkai.
1. Indikator soal (kisi-kisi) USBN 2019 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/01/contoh-indikator-soal-usbn-tahun-2019.html
2. Soal USBN 2019 Kur 2006 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/01/soal-usbn-tahun-2019-bahasa-indonesia_28.html
loading...
0 Response to "SOAL USBN TAHUN 2019 BAHASA INDONESIA SMA/MA KURIKULUM 2013 DAN KUNCI JAWABAN"
Posting Komentar