loading...
PEMBAHASAN MATERI SULIT PADA UN 2019, CONTOH SOAL, DAN KUNCI JAWABAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA/MADi Posting Oleh : Berita Dunia (Ibrahimdera)
Kategori : beasiswa Berita Guru Berita Kampus Berita Mahasiswa bisnis download UN 2018/2019 SMA
PEMBAHASAN MATERI SULIT PADA UN 2019, CONTOH SOAL, DAN KUNCI JAWABAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA/MA
A. Materi Sulit
1 cara pendeskripsian watak tokoh
2. pembuktian latar suasana
3. keterkaitan isi kutipan cerita dengan kehidupan sehari-hari
4. opini penulis tajuk
5. tujuan penulisan dalam paragraf
6. makna kata simbolik.
7. pengembangan topik menjadi cerpen
8. kalimat esai yang sesuai
9. perbaikan kalimat
10. perbaikan kalimat dan alasannya
B. Contoh Indikator dan Soal dari Materi Sulit
Indikator: menentukan cara pendeskripsian watak tokoh
1. Cermati kutipan Berikut!
Lebih tidak enak lagi kalau orang itu adalah Parmin. Tukang kebun yang rajin dan tak banyak cakap itu. Yang kerjanya cekatan, dengan wajah yang senantiasa memancarkan kesabaran. Tak pernah kedapatan sedikit saja membayang kemarahan pada wajah itu. Namun, tertawa berkepanjangan pun jarang lepas dari mulutnya. Senyum, itu saja. Senyum yang bisa muncul pada banyak kesempatan. Saat ia bicara. Saai ia menerima tugas, menerima gaji. Juga saat Mami memberi tahu bahwa gaji akan dibayarkan terlambat.
Pendeskripsian watak tokoh Parmin yang penyabar dalam kutipan cerpen tersebut diungkapkan melalui ….
A. Gambaran fisik tokoh
B. Tingkah laku tokoh
C. Tanggapan tokoh lain
D. Uraian pengarang
E. Suasana sekitar tokoh
Indikator: menentukan pembuktian latar suasana
2. Cermati kutipan berikut!
Lebih tidak enak lagi kalau orang itu adalah Parmin. Tukang kebun yang rajin dan tak banyak cakap itu. Yang kerjanya cekatan, dengan wajah yang senantiasa memancarkan kesabaran. Tak pernah kedapatan sedikit saja membayang kemarahan pada wajah itu. Namun, tertawa berkepanjangan pun jarang lepas dari mulutnya. Senyum, itu saja. Senyum yang bisa muncul pada banyak kesempatan. Saat ia bicara. Saai ia menerima tugas, menerima gaji. Juga saat Mami memberi tahu bahwa gaji akan dibayarkan terlambat. Pendeskripsian watak tokoh Parmin yang penyabar dalam kutipan cerpen tersebut diungkapkan melalui ….
Pembuktian latar suasana kekaguman dalam kutipan cerpen tersebut adalah …
A. Parmin tukang kebun yang rajin dan pendiam.
B. Parmin selalu tersenyum di setiap kesempatan.
C. Parmin tidak pernah tertawa berkepanjangan.
D. Parmin tidak marah pembayaran gajinya terlambat.
E. Parmin menerima tugas sekaligus pembayarannya.
Indikator: menentukan keterkaitan isi kutipan cerita dengan kehidupan sehari-hari
3. Cermatilah kutipan cerpen Berikut
Satu jam berlalu, kami terdiam dan terhanyut dalan angan masing-masing. Persoalan yang kami hadapi saat ini benar-benar di luar batas kemampuan. Tapi aku yakin bahwa Tuhan tidak akan memberi cobaan melebihi kemampuan hambaNya. Namun, Ranti istriku, tetap ngotot dan terus menerus mendesakku. Kami masih tetap terdiam, aku berdiri dan berjalan ke sana-ke mari. “Jangan hanya mondar-mandir, Mas, cepat cari jalankeluar, kepalaku rasanya mau copot, lagi pula persoalan ini tidak bisa menunggu, harus segera cari pinjaman, karena kalau hujan hujan turun dengan lebat takutnya rumah ini akan rubuh.” Keterkaitan isi kutipan dengan kehidupan sehari-hari adalah….
A. Suami biasanya tidak peduli dengan masalah rumah tangga.
B. Seorang istri menuntut suami untuk mencari penghasilan tambahan.
C. Istri lebih emosional dalam mengatasi permasalahan daripada suami.
D. Perlu pinjaman dana yang besar untuk memperbaiki rumah.
E. Selalu ada jalan bila kita berusaha untuk memperbaiki rumah yang rubuh.
Indikator: menentukan opini penulis tajuk
4. Cermati tajuk rencana berikut!
Penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat miskin terus dibenahi dan disederhanakan. Pemanfaatan layanan digital nontunai diperbankan terus akan diperluas untuk memastikan kualitas bantuan dan jumlah yang diterima sesuai dengan yang diberikan pemerintah. Menteri Sosial menyampaikan hal itu saat meluncurkan warung gotong royong elektronik (e-warung). Beliau juga menyampaikan bahwa selama ini bansos yang diterima masyarakat kurang tepat sasaran baik kualitas maupun jumlahnya. Pemerintah diharapkan mengawasi secara serius dan terus menerus sehingga masyarakat dapat merasakan manfaatnya.
Opini penulis tajuk rencana adalah…
A. Penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat miskin telah disederhanakan
B. Penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat sudah tepat sasaran
C. Pemanfaatan layanan digital nontunai dalam bantuan sosial belum maksimal
D. Layanan digital nontunai harus diperluas untuk memastikan penyaluran bantuan social
E. Pemerintah sebaiknya mengawasi bantuan sosial secara serara serius dan terus-menerus
Indikator: menentukan tujuan penulisan dalam paragraf
5. Cermatilah teks berikut.
(1) Dunia digegerkan dengan hilangnya sebuah pesawat. (2) Diduga pesawat tersebut hilang dalam penerbangan dari Indonesia menuju Beijing, China. (3) Menurut informasi sementara, pesawat tersebut berisi 160 penumpang, termasuk lima bayi dan 12 kru pesawat tersebut. (4) Diperkirakan hilangnya pesawat adalah karena kehilangan kontak dengan menara. (5) Namun, dari hasil analisa pesawat melenceng jauh dari jalur yang semestniya sehingga kehilangan arah. Tujuan penulisan dalam paragraf tersebut adalah …
A. Menggambarkan tentang dunia yang digegerkan oleh hilangnya pesawat.
B. Memberitahukan hilangnya pesawat di dunia penerbangan.
C. Memberitahukan jumlah penumpang dalam pesawat yang hilang.
D. Membuktikan pesawat yang hilang karena kehilangan kontak dengan menara.
E. Menginformasikan tentang pesawat yang hilang karena ke luar dari jalur.
Indikator: menentukan makna kata simbolik.
6. Cermati paragraf berikut!
Kepala kantor bergirang hati dan katanya, "Kartono engkau juru tulis yang rajin. Dan kupikir, sebagai Heiho engkau akan lebih berguna untuk nusa dan bangsa. Tunggulah sebentar ... akan kuberikan sebuah surat pengharagaan atas jasamu di kantor ini. "Jangat kening Kartono berkerinyut pula dan dijawabnya, Tuan, kalau bisa surat ini ditulis dalam bahasa Nippon saja. Kepala kantor kami seorang nasionalis. Ia orang biasa saja yang mengutamakan kemakmuran rumah tangga. Seperti pernah dikatakanya, ia selalu berjalan di atas rel." Makna simbolik rel dalam kutipan tersebut adalah ....
A. keputusan
B. ketentuan
C. keinginan
D. kebijakan
E. kebiasaan
Indikator: menentukan pengembangan topik menjadi cerpen
7. Cermati teks berikut! Topik : Terima kasih Ibu Mia Kata kunci : olahraga – Bu Mia – siswa – ulangan – usul – terima kasih
Pengembangan topik dan kata-kata kunci menjadi cerpen adalah …
A. Kamis pagi usai pelajaran olah raga, Bu Mia, guru Kimia masuk kelas X MIPA tepat waktu. Tak seperti biasanya, hari itu anak-anak belum selesai berganti pakaian. Penyebabnya, mereka baru saja berolahraga lari mengelilingi stadion. Bu Mia akan memberikan ulangan. Beberapa siswa mengajukan usul kepada Bu Mia untuk menunda ulangan. Bu Mia menerima usul siswa. Semua siswa mengucapkan terima kasih.
B. Kamis pagi usai pelajaran olah raga, Bu mia, guru Kimia masuk kelas X MIPA tepat waktu. Tak seperti biasanya, hari itu anak-anak belum selesai berganti pakaian. Penyebabnya, mereka baru saja mengikuti ujian lari mengelilingi stadion. Bu Mia akan memberikan ulangan, beberapa siswa, termasuk Lia, meminta, “Bu Mia menunda ulangan dong.” Bu Mia menerima usul siswa.
C. Kamis pagi usai pelajaran olah raga, Bu mia, guru Kimia masuk kelas X MIPA tepat waktu. Tak seperti biasanya, hari itu anak-anak belum selesai berganti pakaian. Bu Mia akan memberikan ulangan. Beberapa siswa, mengajukan usul. Lia gembira dan mengucapkan terima kasih karena ulangan tetap berjalan.
D.Ibu guru Kimia masuk kelas X MIPA tepat waktu. Tak seperti biasanya, hari itu anak-anak belum selesai berganti pakaian. Penyebabnya, mereka baru saja mengikuti ujian lari mengelilingi stadion. Bu Mia akan memberikan ulangan. Bu Mia tidak menerima usul seorang siswa. Semua siswa bertepuk tangan gembira karena usul itu tidak diterima.
E. Bu Mia, guru Kimia masuk kelas X MIPA tepat waktu. Tak seperti biasanya, hari itu anak-anak belum selesai berganti pakaian. Penyebabnya, mereka baru saja mengikuti ujian lari mengelilingi stadion. Bu Mia akan memberikan ulangan. Semua siswa bertepuk tangan gembira mengucapkan terima kasih karena Bu Mia memberikan waktu untuk berganti pakaian hingga rapi.
Indikator: menentukan kalimat esai yang sesuai
8. Cermati kutipan puisi berikut!
Penerbangan terakhir Maka menangislah ruh bayi itu keras-keras
Kedua tangan yang alit itu seperti kejang-kejang
Kakinya pun menerjang-nerjang Suara melengking dan menghiba-hiba
...
Taufiq Ismail
Kalimat esai yang sesuai dengan puisi tersebut adalah ....
A. Taufiq Ismail menggambarkan proses kehidupan manusia dengan ungkapan yang biasa.
B. Untuk pembaca yang kurang menyukai puisi, suli menerima pesan yang disampaikan Taufiq Ismail.
C. Penyair menggambarkan peristiwa dalam puisi itu penuh dengan tafsiran makna dan pilihan kata yang sulit dipahami.
D. Diksi dan majas yang digunakan Taufiq Ismail untuk mengungkapkan maksud puisi tidak mudah dipahami pembaca.
E. Penggunaan diksi karya Taufiq Ismail terasa menggelitik pembaca karena ungkapan-ungkapannya hidup.
Indikator: menentukan perbaikan kalimat
9. Cermati paragraf berikut!
Generasi muda Indonesia sangat mengagumkan, baik dalam hal akademik maupun nonakademik. Lihatlah kiprah mereka dalam berbagai lomba keilmuan, olahraga, atau seni. Prestasi yang ditorehkan beberapa pelajarpelajar Indonesia dalam ajang lomba-lomba internasional itu sungguh sangat membanggakan sekali. Perbaikan kalimat yang bercetak miring agar menjadi kalimat yang efektif adalah …
A. Prestasi yang ditorehkan beberapa pelajar Indonesia dalam ajang lomba-lomba internasional sungguh sangat membanggakan sekali.
B. Prestasi yang ditorehkan beberapa pelajar Indonesia dalam ajang lomba-lomba internasional sungguh membanggakan.
C. Prestasi yang ditorehkan pelajar-pelajar Indonesia dalam ajang lomba internasional sangat membanggakan sekali.
D. Prestasi yang ditorehkan pelajar-pelajar Indonesia dalam berbagai lomba-lomba internasional sangat membanggakan sekali.
E. Prestasi yang ditorehkan beberapa pelajar Indonesia dalam ajang lomba internasional sungguh teramat membanggakan.
Indikator: menentukan perbaikan kalimat dan alasannya
10. Cermati paragraf berikut!
(1) Kepulauan Togean berada di wilayah Provinsi Sulawesi Tengah. (2) Kepulauan ini memiliki pantaipanatai yang molek, laut yang bening dan tenang, serta ikan berwarna-warni yang menyelinap di antara teru karang yang indah. (3) Saat senja menjelang, mata menjadi bola agak kemerah-merahan yang ditelan jingga. (4) Namun sayang, di sana juga berlangsung perusakan alam yang dilakukan para nelayan dalam mencari ikan dengan mengebom terumbu karang. (5) Keinginan pemerintah pusat menjadikannya sebagai taman nasional sulit terwujud.
Perbaikan kalimat yang salah dalam paragraf tersebut berserta alasannya adalah ....
Perbaikan Kalimat | Alasan | |
A | (2) ..., serta ikan bermacam-macam warna yang menyelinap di antara terumbu karang yang indah. | Kata bemacam-macam warna menyatakan makna banyak. |
B | (3) ..., matahari menjadi bola kemerah-merahan yang ditelan laut jingga. | Kata kemerah-merahan sudah menyatakan makna "agak" |
C | (4) Sayang, di sana juga berlangsung perusakan alam yang ... | Namun berfungsi sebagai kata penghubung antarkalimat. |
D | (4) ... dalam mencari ikan dengan membom terumbu karang. | Tidak terdapat awalan meng-dalam bahasa Indonesia. |
E | (5) Keinginan pemerintah pusat menjadikan taman nasional sulit terwujud. | Antara predikat dengan objek tidak adapat disisipi kata sebagai. |
C. Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal Materi Sulit
No. | Kunci | Pembahasan |
1 | B | Pendeskripsian watak tokoh Parmin yang penyabar diungkapkan melalui tingkah laku tokoh. Pada kutipan cerpen tersebut disebutkan tokoh Parmin selalu senyum dalam setiap kesempatan. Saat menerima tugas, menerima gaji, dan ketika mendapat informasi bahwa gajinya terlambat. |
2 | D | Pembuktian latar suasana kekaguman adalah adanya deskripsi tokoh Parmin selalu tersenyum di setiap kesempatan. Dalam cerita tersebut, suasana yang muncul adalah suasana kagum pada tokoh. Tokoh yang begitu mengesankan dalam setiap gerak-gerik dan tingkah lakunya, terutama karena selalu tersenyum setiap saat. |
3 | C | Sastra adalah cerminan masyarakat sehingga realita dalam karya sastra erat kaitannya dengan kehidupan pada zamannya. Kutipan di atas berisi emosinya seorang istri melihat keadaan rumah yang memprihatinkan dan memaksa suami untuk meminjam uang. Keterkaitan isi kutipan dengan kehidupan sehari-hari pada soal tersebut adalah Istri lebih emosional dalam mengatasi permasalahan daripada suami. |
4 | C | Tajuk rencana atau editorial adalah sikap redaktur terhadap persoalan yang aktual. Persoalan yang dibahas adalah masalah bansos yang masih terus dibenahi sehingga pemerintah berhak mengawasinya. Dengan demikian opini penulis pada tajuk tersebut adalah Pemanfaatan layanan digital nontunai dalam bantuan sosial belum maksimal. |
5 | E | Tujuan penulis pada suatu teks dapat disimpulkan dari jenis teks (genre) dan fungsi teks. Paragraf tersebut merupakan jenis teks laporan yang berisi berita tentang hilangnya pesawat dalam sebuah penerbangan dari Indonesia menuju Beijing, China. Peristiwa ini terjadi karena pesawat terbang keluar dari jalur yang semestinya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tujuan penulis dalam teks tersebut adalah menginformasikan keberadaan pesawat yang hilang karena keluar dari jalur penerbangannya. |
6 | B | Cerpen berisi cerita narasi yang fiktif dan relatif pendek yang bisa dibaca dalam sekali duduk serta memiliki bahasa yang khas dan menggunakan simbol. Simbol merupakan tanda yang terbentuk secara konvensional karena kesepakatan, misalnya warna putih melambangkan kesucian, warna merah melambangkan keberanian, dan sebagainya. Dalam kutipan di atas kata “rel” melambangkan sebuah aturan, norma, dan standar budaya yang berlaku dalam masyarakat. Dengan demikian dapat dianalogikan bahwa makna simbol pada kata “rel” sama dengan sebuah ketentuan atau aturan. |
7 | A | Topik adalah pokok pembicaraan dalam sebuah karangan, dan kata kunci adalah kata atau frasa yang digunakan untuk konsep dalam sebuah penulisan. Pengembangan topik dan kata kunci secara berurutan adalah: Kamis pagi usai pelajaran olahraga, Bu Mia, guru Kimia masuk kelas X MIPA tepat waktu. Tak seperti biasanya, hari itu anak-anak belum selesai berganti pakaian. Penyebabnya, mereka baru saja berolahraga lari mengelilingi stadion. Bu Mia akan memberikan ulangan. Beberapa siswa mengajukan usul kepada Bu Mia untuk menunda ulangan. Bu Mia menerima usul siswa. Semua siswa mengucapkan terima kasih. |
8 | E | Kalimat esai adalah kalimat yang membahas suatu masalah dari sudut pandang pribadi penulisnya berdasarkan identifikasi, klasifikasi, atau mendefinisikan. Dari hasil identifikasi kutipan puisi tersebut tergambar bahwa pilihan kata yang digunakan menggunakan ungkapan-ungkapannya hidup seperti, menangislah ruh bayi itu keras-keras, kakinya pun menerjang-nerjang, dan suara melengking dan menghiba-hiba. |
9 | B | Kalimat tersebut tidak efektif karena ada kemubaziran atau berlebihan pada kata beberapa pelajar-pelajar dan sungguh sangat membanggakan sekali.Untuk menyebut jumlah yang banyak (jamak) cukup menyebutkan beberapa pelajar atau pelajar-pelajar. Untuk menyangatkan cukup menyebutkan salah satu bentuk: sungguh, sangat, atau sekali. |
10 | B | Kalimat yang salah terdapat pada kalimat (3) karena menggunakan kata agak kemerah-merahan. Kata kemerah-merahan sudah menyatakan makna “agak” sehingga menjadi berlebihan (tidak efektif) jika menggunakan kata “agak”. |
RINGKASAN MATERI DAN PEMBAHASAN LENGKAP MATERI/SOAL SULIT UJIAN NASIONAL MAPEL BAHASA INDONESIA SMA/MA
1. Pendeskripsian Watak Tokoh Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasaan-un-tahun-pelajaran-20172018.html
2. Bukti Latar Suasana Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/kuncijawaban-e-pembahasan-menurutkbbi.html
3. Keterkaitan Isi Cerpen Dengan Kehidupan Sehari-hari Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/soal-un-20172018-dan-pembahasan-mapel.html
4. Opini Penulis dalam Tajuk Rencana Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un.html
5. Tujuan Penulis Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia_28.html
6. Makna Kata Lambang Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_31.html
7. Pengembangan Topik Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-20172018-smama.html
8. Kalimat Esai Sesuai Kutipan Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia_12.html
9. Memperbaiki Kalimat Tidak Efektif Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia_26.html
10. Perbaikan Kalimat Tidak Efektif dan Alasan Perbaikan Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/pembahasan-soal-un-tahun-2018-smama.html
BACA JUGA
SIAP-SIAP USBN TAHUN 2019
CONTOH SOAL USBN TAHUN 2019 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA/MA KURIKULUM 2013 DAN 2006
(Disusun berdasarkan kisi-kisi USBN 2019 bernomor )
1. Contoh Soal USBN Tahun 2019 Kurikulum 2013 dan Kunci JawabanKlik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/02/soal-usbn-tahun-2019-bahasa-indonesia.html
2. Contoh Soal USBN Tahun 2019 Kurikulum 2006 dan Kunci Jawaban Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/01/soal-usbn-tahun-2019-bahasa-indonesia_28.html
loading...
0 Response to "PEMBAHASAN MATERI SULIT PADA UN 2019, CONTOH SOAL, DAN KUNCI JAWABAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA/MA"
Posting Komentar